ECB Siap Longgarkan Moneter Dan Genjot Stimulus

Para pembuat kebijakan di European Central Bank (ECB) sepakat untuk siap melaksanakan rencana penambahan stimulus kepada negara-negara anggota Zona Euro. Kebijakan tersebut kian mendekatkan ECB pada potensi pemotongan suku bunga (Rate Cut) di bulan ini.

Sejumlah laporan menampilkan kemerosotan perekonomian sejak pertemuan ECB yang terakhir. Hal tersebut meningkatkan kans penyuntikan stimulus dalam waktu yang lebih cepat. Presiden ECB Mario Draghi juga telah mengonfirmasi isyaratnya, dengan mengatakan bahwa jika Outlook tidak meningkat, maka akan menjadi dasar yang kuat untuk mengimplementasikan kebijakan moneter longgar tersebut.

“Ada kesepakatan yang luas bahwa, dalam kaitannya dengan ketidakpastian yang semkian berat, ada kemungkinan untuk menambah (stimulus) di masa depan. Dewan Gubernur harus siap dan mempersiapkan diri untuk melonggarkan kebijakan moneter lebih jauh,” demikian isi dari notulen rapat ECB yang telah digelar pada tanggal 5-6 Juni lalu, yang dirilis Kamis (11/Juli) sore tadi.

Sebelumnya, dalam berbagai kesempatan, Presiden ECB Mario Draghi sudah mengatakan bahwa ia hendak mempertimbangkan pemotongan suku bunga atau kemungkinan perbaruan pembelian aset apabila dibutuhkan. Mulai September 2019 nanti, ada pula serentetan rencana untuk menyediakan lebih banyak dana tunai bagi bank-bank penyedia pinjaman dalam bentuk Long-Term Loans.

ECB bukanlah satu-satunya bank sentral yang terpaksa melonggarkan kebijakannya dalam waktu dekat. Ketua The Fed Jerome Powell, dalam testimoninya kemarin pun, mengemukakan masalah risiko perlambatan pertumbuhan. Sehingga, para trader mengekspektasikan bahwa bank sentral AS juga perlu memotong suku bunganya setidaknya 25 basis poin di akhir bulan ini.

Walaupun ECB jelas menunjukkan sentimen yang dovish, Euro tetap menguat terhadap Dolar AS malam ini. Pasalnya, Dolar AS sendiri sedang melemah, merespon statement dovish Powell dalam testimoninya di hadapan Kongres AS untuk hari kedua. EUR/USD naik tipis 0.05 persen ke angka 1.1258.

Source: TradingView.com

Baca Juga:   Yuan Naik Terhadap Dolar, Melonjak Ke Level Tertinggi 8 Bulan

Tinggalkan sebuah Komentar