Dua Mata Uang Eropa Poundsterling Inggris dan Euro Defensif Menunggu Katalis Selanjutnya

Dua mata uang Eropa yaitu Poundsterling Inggris dan juga mata uang Euro hari Selasa Ini (10/9) tampak kehilangan kekuatan. Dengan kondisi ini maka membuat pasangan mata uang EURGBP terus bergerak dengan defensif di sekitar level harga 0,8940. Pasalnya kedua mata uang ini terlihat mengalami pelemahan secara bersama dan terus memperpanjang pesimisme saat awal pekan perdagangan. Namun saat ini telah mampu bertahan di atas level support di 0,89.

Poundsterling Inggris terus menerima tekanan negatif setelah kemarin sempat mendominasi perdagangan terhadap Euro dan juga Dolar AS. Penguatan kemarin disebabkan oleh kabar optimisme yang datang dari Brexit. Terlebih lagi setelah pasar mendapatkan kabar bahwa risiko Brexit tanpa kesepakatan mulai memudar.

Sementara itu dari dinamika perpolitikan, dikabarkan bahwa PM Boris telah gagal untuk melanjutkan langkahnya dalam usaha meloloskan UU pemilu lebih awal pada pertengahan bulan Oktober. Saat ini dikabarkan juga bahwa parlemen Inggris sedang ditutup dan mulai beraktivitas kembali pada pertengahan bulan Oktober mendatang yang bersamaan dengan pidato dari Ratu.

Dari sisi data, Poundsterling Inggris sempat menerima katalis setelah merilis data mengenai pasar tenaga kerja. Data tersebut disampaikan dengan hasil yang sangat positif dengan penghasilan rata-rata per jam naik 4,0 persen selama bulan Juli. Perubahan angka perhitungan klaim berada di 28,2K lebih baik dari apa yang diprediksi sebelumnya. Tingkat pengangguran Inggris juga disampaikan dengan hasil positif turun ke 3,8 persen dari 3,9 persen.

Dengan data tenaga kerja yang baik ini maka telah mendukung tingkat PDB pada Senin kemarin yang disampaikan dengan hasil yang memuaskan. Untuk perdagangan selanjutnya Pound akan tetap fokus ke dinamika perpolitikan dalam negeri Inggris. Pasalnya kesepakatan Brexit terlihat masih cukup jauh untuk benar-benar terwujud.

Baca Juga:   Politik Yang Panas Dan Ancaman Pemangkasan Suku Bunga Membebani Mata Uang Euro

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar