Dolar New Zealand Pulih Setelah Komentar RBNZ, Fokus Ke Komentar Fed

Pasangan mata uang Dolar New Zealand terhadap USD terpantau mengalami konsolidasi setelah mengalami pemulihan saat sesi dagang Asia berlangsung. Pasangan NZDUSD terlihat bertahan di sekitar level harga 0,64 setelah komentar dari bank sentral NZ. Gubernur bank sentral menyampaikan komentar yang kurang dovish dan berhasil mendorong kenaikan pada Kiwi saat sesi Asia.

Adrian Orr mengatakan bahwa pemangkasan suku bunga sebesar 50 basis poin akan memotong potensi langkah yang lebih banyak lagi dan mengesampingkan harapan bank sentral dalam penggunaan kebijakan moneter yang tidak biasa. Setelah komentar ini, Dolar New Zealand mengalami kenaikan permintaan cukup tinggi dan melonjak memulihkan pelemahan sebelumnya.

Kenaikan NZDUSD telah mampu pulih dari titik paling rendahnya dalam 2,5 tahun terakhir di sekitar level harga 0,6362. Bahkan karena penguatan tersebut, data mengenai penjualan eceran kuartal kedua yang mengalami penurunan tidak direspon pasar sama sekali. Komentar dari anggota bank sentral yaitu Hawkesby yang menaruh kekhawatiran pada tekanan harga yang rendah juga tidak mampu melemahkan Dolar New Zealand.

Perjalanan kenaikan Kiwi harus bertemu titik resisten di sekitar level harga 0,64, membuat harga lebih terjaga dari pergerakan dalam ruang yang sempit di sekitar level 0,6780. Sayangnya kenaikan-kenaikan kurang mendapatkan tindak lanjut yang baik setelah adanya penguatan USD. Greenback merespon dengan baik kenaikan di sekitar yield Treasury AS pada seluruh skala kurva ketika risiko pasar mengalami pemulihan.

Perdagangan pasangan NZDUSD selanjutnya akan terfokus ke pidato dari Ketua Fed Powell saat acara Simposium Jackson Hole. Dari pidatonya tersebut pasar mengharapkan menerima petunjuk arah kebijakan moneter dari Fed. Pasalnya sampai saat ini suku bunga dan kebijakan terbebani oleh perang dagang yang berkepanjangan.

Baca Juga:   Presiden Trump Menolak Resesi dan Memuji Ekonomi AS

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar