Dolar New Zealand Melonjak Terhadap Dolar AS Pasca IMP Caixin China, Menunggu Data NFP AS

Hari Jumat ini (1/11) China merilis data mengenai indeks manajer pembelian Caixin selama bulan Oktober dengan hasil yang memuaskan. Mata uang Antipodean Dolar New Zealand mendapatkan keuntungan atas data China tersebut. Pasangan NZDUSD semakin mampu memperpanjang masa pemulihannya dan akan bertemu dengan puncak paling tinggi dalam tujuh pekan terakhir dan saat ini berada di level harga 0,6435.

Data mengenai IMP sektor manufaktur Caixin dilaporkan dengan hasil lonjakan selama bulan Oktober. Data tersebut naik menuju ke 51,7 persen dari prediksi sebelumnya di 51,00. Sementara itu untuk IMP sektor manufaktur NBS berada dalam tekanan dibawah prediksi sebelumnya menuju ke 49,3 persen yang dilaporkan pada hari Kamis kemarin (31/10).

Dominasi Dolar New Zealand yang baik terhadap USD disebabkan oleh keputusan dari bank sentral AS yang memangkas suku bunganya untuk kali ketiga sepanjang tahun 2019 ini. Terlebih lagi perang dagang antara AS dengan China telah meninggalkan dampak buruk bagi kedua negara.

Kekhawatiran Kesepakatan Dagang

Kabar terbaru dilaporkan bahwa Partai Komunis China melangsungkan pertemuan yang tertutup. Bloomberg melaporkan kekhawatiran para wakil negara yang didasarkan keterangan dari narasumber yang tidak dikenal. Pejabat China saat ini ragu bahwa kesepakatan dagang yang komprehensif dengan AS bisa berjalan dalam jangka panjang. Pernyataan itu keluar ketika perjanjian kedua negara telah hampir terselesaikan dan segera ditandatangani.

Para pelaku pasar dan investor yang berdagang di pasangan Dolar New Zealand melawan Dolar AS selanjutnya akan fokus ke data ekonomi. AS akan merilis data mengenai ketenagakerjaan yang akan menjadi penggerak pasangan NZDUSD dalam momentum. Data Non-Farm Payrolls diprediksi akan tertekan 89K dari data sebelumnya di 136K. Beberapa komentar dari pejabat Fed dan juga manufaktur ISM juga bisa menggerakkan pasangan.

 

Baca Juga:   IMP Manufaktur Inggris Menguat, Mengkonfirmasi Pemulihan Ekonomi yang Berkelanjutan

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar