Dolar Kanada Melemah Setelah Hasil NPC China yang Berpotensi Memanaskan AS-China

Dolar Kanada saat pertengahan sesi Asia hari Jumat ini (22/5) tampak mengalami pelemahan. Dengan kondisi Dolar Kanada melemah maka membuat pasangan mata uang USDCAD mencatatkan kenaikan sekitar 0,16% menuju ke 1,3978. Permintaan Dolar AS menguat signifikan setelah ada laporan mengenai hasil Kongres Rakyat China Ke-13 atau NPC. Hasil kongres sangat membebani risiko dan menguntungkan Dolar AS.

Kongres menyatakan bahwa tidak ada target PDB pada tahun 2021 akibat ekonomi China yang masih melemah akibat pandemi virus Corna. Dengan tidak adanya target maka mengindikasikan bahwa pejabat China masih khawatir dengan virus Corona, meski negara itu sebagian besar sudah bebas dari pandemi.

Kongres juga memberikan sinyal bahwa China akan semakin memperkuat kedudukannya di Hong Kong. Bahkan berita terbaru mengatakan China akan memberlakukan UU Keamanan Nasional baru untuk Hong Kong. Dengan ini maka AS akan menolak secara tegas tekanan-tekanan yang diberikan terhadap Hong Kong. Risiko ketegangan kedua negara terus meningkat dan membawa Dolar Kanada melemah sebagai aset berisiko.

Minyak Mentah Turun

Lonjakan pasangan USDCAD hari ini juga tidak lepas dari aksi penjualan pada minyak mentah global. Posisi harga minyak mentah pada indeks berjangka WTI mengalami penurunan sampai menuju ke $31 per barel. Kekhawatiran konfrontasi yang lebih buruk antara AS dan China membuat para pembeli minyak menahan diri.

Di balik Dolar Kanada melemah saat ini, kenaikan USDCAD juga dilatarbelakangi oleh penguatan Dolar AS. Indeks Dolar AS sebagai pengukur kekuatan greenback vs mata uang utama pulih kembali 0,10% menuju ke 99,50. Pasangan selanjutnya akan fokus ke data penjualan eceran dari Kanada nanti malam. Selain itu berita hubungan AS dan China akan terus diawasi untuk saat ini. Karena berita itu menjadi katalis utama penggerak pasar.

 

Baca Juga:   Pemerintah Jepang Berjuang Di Tengah Resesi Ekonomi Jepang yang Semakin Dekat

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar