Dolar Kanada Digital Harus Fokus pada Inklusi dan Aksesibilitas

Dolar Kanda Digital

Dolar Kanada digital harus meniru uang kertas tradisional dalam hal ketersediaan dan aksesibilitas, menurut staf dari bank sentral negara itu, Bank of Canada.

Dalam catatan analitik pada 30 Juni, para ahli dari Bank of Canada mengungkapkan beberapa tujuan untuk mata uang digital bank sentral (CBDC). Catatan analitis adalah produk dari staf dan analis di bank, terpisah dari Dewan Pengatur, sehingga mereka tidak harus mewakili pendapat bank itu sendiri.

Kelompok ahli menjelaskan bahwa CBDC harus meniru fitur uang kertas biasa. Ini berarti harus tersedia di komunitas perkotaan, pedesaan dan terpencil untuk orang-orang dengan atau tanpa rekening bank dan dapat digunakan oleh semua orang termasuk orang-orang tunanetra dan penglihatan sebagian. Catatan itu menyatakan:

“CBDC harus dapat diakses seperti uang tunai.”

Memahami Kebutuhan

Untuk memaksimalkan inklusi dan kegunaan, catatan tersebut menyatakan bahwa bank harus mengembangkan CBDC yang dapat digunakan Kanada terlepas dari apakah mereka memiliki smartphone atau memiliki akses ke internet. Orang harus dapat bertransaksi di CBDC bahkan di daerah dengan jangkauan jaringan yang buruk atau tidak ada dan juga selama listrik padam.

Sebagai langkah pertama menuju pengembangan dolar digital yang diusulkan, Bank Kanada berupaya memahami kebutuhan warganya melalui konsultasi ekstensif dengan kelompok pengguna, sedang mempertimbangkan beberapa opsi desain, dan akan merilis prototipe sebelum peluncuran utama.

Agar setiap warga negara dapat menggunakan CBDC, bank bertujuan untuk bekerja pada perangkat akses universal yang terjangkau (UAD) yang akan “menggabungkan elemen visual dan keamanan dari uang kertas.” Ini konon akan memastikan keamanan orang terhadap perangkat palsu dan membuat lebih percaya diri dalam sistem CBDC.

Baca Juga:   Bitpay Menerima Penghargaan 'Company of The Year'

UAD yang diusulkan bisa dengan ukuran kartu kredit atau debit sehingga mudah masuk ke dompet orang. Para ahli mencatat bahwa UAD harus memungkinkan orang memuat nilai dari mana saja dan beroperasi tanpa jaringan terpusat. UAD juga harus berfungsi untuk jangka waktu lama pada daya lokal dan memiliki “akses potensial ke sumber energi alami” seperti sinar matahari.

Catatan lebih lanjut menyarankan bahwa jika UAD tidak terikat dengan individu, mereka dapat dengan mudah ditukar dengan nilai yang dimiliki.

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar