Dolar Australia Turun Setelah Data China Suram dan Risk-Off Pasar, AUDJPY Turun Tajam

Perdagangan pasangan mata uang Dolar Australia terhadap Yen saat sesi awal pembukaan mengalami gap yang turun lebih rendah. Yen mampu mendominasi pasangan setelah suasana sentimen risiko pasar mengalami pelemahan yang cukup besar. Pasalnya ada kabar yang menyebutkan bahwa ada ketegangan geopolitik di kawasan Timur Tengah yang memanas. Selain itu AUD juga mengalami pelemahan setelah rilis data dari China yang mengecewakan pasar.

Pasangan mata uang Dolar Australia terhadap Yen Jepang sedang diperdagangkan di sekitar level harga 74,00. Level ini merupakan titik yang terlihat sebelum rilis data dari China saat Senin pagi (16/9). Posisi ini telah mewakili penurunan pasangan sebesar 0,47 persen selama hari Senin sesi Asia.

Tadi pagi China merilis data mengenai tingkat pertumbuhan produksi sektor industri. Data ini disampaikan dengan penurunan cukup besar yang sekaligus menjadi rilis paling lemah sejak 17 tahun yang lalu. Produksi sektor industri China disampaikan dengan pertumbuhan hanya 4,4 persen dalam tahun ke tahun. Padahal harapan pasar sebelumnya akan ada kenaikan produksi industri mencapai 5,2 persen.

Selain itu China juga merilis data mengenai penjualan eceran yang mewakili tingkat konsumsi konsumen dari China. Data ini disampaikan dengan perlambatan menuju ke 7,5 persen selama bulan Agustus terhadap rilis data sebelumnya yang berada di 7,6 persen pada bulan Juli. Sementara itu berdasarkan survei analis yang dilakukan oleh Reuters memprediksi penjualan eceran akan berada di 7,9 persen.

Sampai saat ini data dari China yang mengecewakan tersebut telah merusak permintaan di sekitar Dolar Australia. Kondisi ini menyebabkan pasangan mata uang AUDJPY anjlok. Terlebih lagi suasana penghindaran risiko oleh pasar berdampak ke penguatan Yen Jepang. Pasalnya AUD merupakan aset berisiko yang lebih dihindari ketika global sedang dalam masalah.

Baca Juga:   Kenaikan Tensi Perang Dagang Kembali Menggoyahkan Pasar Keuangan

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar