Dolar Australia Merosot Karena Suku Bunga China Dipangkas dan Data Ketenagakerjaan Aussie Mengecewakan

Permintaan beli pada mata uang Dolar Australia turun tajam saat sesi Asia berlangsung di hari Kamis (20/2). Penurunan terpantau pada pasangan AUDNZD menuju ke level harga 1,04411 atau mewakili penurunan 0,10 persen. Penyebab utama kejatuhan mata uang Australia ini adalah keputusan kebijakan moneter dari bank sentral China dan data tenaga kerja Aussie yang mengecewakan.

Pendorong AUD Turun

Saat sesi Asia, PBoC atau bank sentral China merilis keputusan kebijakan moneter dengan pemangkasan suku bunga utama atau LPR. Hal itu berguna untuk memangkas tarif utang dan mengurangi tekanan perusahaan China yang disebabkan oleh wabah virus Corona. Suku bunga pinjaman dalam 1 tahun turun ke 4,05% dari sebelumnya di 4,15%. Untuk pinjaman dalam 5 tahun juga turun ke 4,5% dari sebelumnya di 4,80%.

Selain keputusan PBoC yang mengecewakan, data tenaga kerja Australia juga telah membawa Dolar Australia turun. Data ketenagakerjaan Aussie menampilkan hasil pada bulan Januari  tingkat pengangguran naik dari 5,2 persen menuju ke 5,3 persen. Hasil ini membuat para pedagang merasa khawatir pada perekonomian Australia. Pasalnya RBA pernah mengutip risiko wabah virus Corona dan kebakaran hutan terhadap ekonomi Aussie.

Momen Dolar Australia turun tetap terjadi meskipun beberapa rincian lain cukup optimis. Perubahan tenaga kerja Aussie dilaporkan pertambahan 13,5K lebih baik dari harapan awal yang hanya berada di 10,0K. Tingkat partisipasi juga lebih baik dari prediksi awal yaitu menuju ke 66,1% dari prediksi di 66,0%. Pekerjaan penuh waktu juga mengalami pertambahan 46,2K dalam penyesuaian musiman.

Sampai saat ini masih ada potensi pemangkasan suku bunga oleh bank sentral Australia walaupun sangat rendah. Karena beberapa rincian kunci dari pekerjaan memberikan hasil yang cukup memuaskan. Data partisipasi kerja yang naik dari harapan cukup mampu memangkas bias bearish pengangguran.

 

Baca Juga:   Ekonomi Turun Aussie, Dolar Australia Melemah Terhadap Yen, AUDJPY Turun Didukung Data Optimis Jepang

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar