Dolar Australia Melonjak Setelah Penjualan Eceran dan Produksi Industri Menutup Penurunan PDB China

Perdagangan di hari Jumat (18/10) saat sesi Asia berlangsung, China merilis data mengenai produksi sektor industri dan juga penjualan eceran. Kedua data ekonomi tersebut dilaporkan dengan hasil yang menggembirakan naik menuju ke titik paling baik selama tiga bulan terakhir. Kondisi ini membawa keuntungan bagi Dolar Australia sebagai rekan utama China dalam ekspor impor. Pasangan AUDUSD bahkan telah melonjak menuju ke sekitar level harga 0,6832.

Dolar Australia tetap mampu bergerak dengan baik walaupun data mengenai Produk Domestik Bruto China dilaporkan sesuai prediksi di 1,5 persen dalam kuartal ke kuartal di kuartal ke tiga. Sementara itu dalam hitungan tahun ke tahun mengalami perlambatan di bawah harapan awal 6,1 persen dengan data aktual di 6,0 persen.

Semua pesimisme yang dibawa PDB mampu ditutupi dengan kenaikan penjualan eceran sesuai harapan awal. Tingkat produksi pada sektor industri China juga mengalami kenaikan melebihi harapan awal di 5,0 persen menuju ke 5,8 persen.  Dolar Australia mampu memanfaatkan dengan baik momentum yang positif ini.

Selera Risiko Lemah

Namun sentimen pasar mengalami perubahan setelah adanya kabar mengenai pemberlakuan tarif baru AS terhadap produk-produk asal Eropa yang dimulai pada hari ini. Memburuknya selera risiko juga terus ditambah dengan komentar kurang baik dari penasihat pemerintah AS yaitu Larry Kudlow dan juga nada campuran dari Gubernur bank sentral Australia.

Setelah menghadapi data penting dari China, Dolar Australia terhadap Dolar AS akan fokus ke akhir dari pidato Fed sebelum pertemuan dalam pembahasan kebijakan moneter akhir bulan mendatang. Komentar dari pejabat Fed seperti Robert Kaplan, Esther George dan juga Richard Clarida akan diawali dengan cermat oleh para pelaku pasar dan investor. Pasalnya saat ini peluang pemangkasan suku bunga oleh Fed telah mengalami peningkatan.

 

Baca Juga:   RBA Memangkas Suku Bunga Karena Ancaman Perlambatan Akibat Virus Corona, AUDUSD Justru Melonjak

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar