Dolar Australia Melonjak Menerima Dorongan Data China Yang Optimis

Perdagangan Dolar Australia hari ini mendapatkan dorongan positif dan melonjak sampai ke titik paling tinggi dalam 10 hari. Lonjakan Aussie ini disebabkan oleh data ekonomi dari China yang sangat optimis mengalahkan perkiraan. Dengan data positif ini maka menjadi sebuah pertanda adanya keberhasilan dari langkah-langkah yang diambil untuk menghidupkan kembali daya beli pasar terhadap China.

Ekonomi China Membaik

Dolar Australia mengalami kenaikan menuju ke level harga 0,7033 atau mewakili kenaikan sebesar 0,2 persen terhadap Dolar AS. Data mengenai output sektor industri dari China dilaporkan dengan hasil yang sangat baik dan melonjak tinggi selama bulan Juni. Sebelumnya data ini sempat anjlok menuju ke level terendah dalam 17 tahun terakhir bulan Mei kemarin. Sementara itu data mengenai penjualan eceran selama Juni juga mengalami lonjakan menuju ke 9,8 persen dari data ditahun sebelumnya terhadap data bulan Mei yang berada di 8,3 persen.

China sendiri menjadi salah satu pasar ekspor paling besar bagi Australia. Sehingga data-data ekonomi dari China akan sangat memberikan dampak terhadap Dolar Australia karena akan mempengaruhi tingkat ekspor dari Australia. Mata uang Yuan otomatis juga melonjak terhadap Dolar AS dan mencapai titik paling tinggi semenjak perdagangan pekan kemarin.

Menurut keterangan Imre Speizer, Kepala Strategi NZ yang ada di bank Westpac menyebutkan saat ini ekonomi dari China sedang berada pada basis yang baik dan tidak selemah seperti apa yang dikhawatirkan pasar.

Dengan ekonomi China yang membaik, maka akan menaikkan minat pasar terhadap aset beresiko karena permintaan global akan stabil. Dolar Aussie sendiri selain didukung data China positif, juga didukung oleh kondisi Dolar AS yang masih dalam tekanan karena harapan pemangkasan suku bunga oleh Fed akhir bulan Juli ini.

Baca Juga:   Harga Makanan Melonjak Di China, Dan Beijing Menunjukkan Kekhawatiran

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar