Dolar Australia Bertahan Ketika Data China Mengecewakan, Optimisme Global Menjadi Pendukung

Pergerakan pada pasangan mata uang AUDJPY terpantau tidak mengalami perubahan saat sesi Asia berlangsung di hari Kamis (2/1). Padahal beberapa waktu sebelumnya China merilis data aktivitas pabrik dengan hasil yang mengecewakan. AUDJPY hari ini bertahan di sekitar level harga 76,22 saat sesi Asia masih berlangsung.

Sebelumnya memang data aktivitas pabrik China mengalami peningkatan cukup baik dalam dua kali penyampaian laporan. Namun untuk laporan pada bulan Desember, indeks manajer pembelian manufaktur caixin China mengalami perlambatan kembali. Data tersebut lebih rendah dari apa yang diharapkan pasar sebelumnya di 51,7 menuju ke level 51,5 dan terhadap sebelumnya di 51,8.

Namun walaupun mengalami perlambatan dari bulan sebelumnya, IMP sektor manufaktur caixin China masih berada di atas ambang batas 50. Level tersebut menjadi pembatas bahwa di atas 50 masuk ke zona ekspansi dan di bawah 50 masuk ke zona kontraksi. Bisa jadi AUDJPY hari ini yang bertahan disebabkan oleh data yang tetap pada zona ekspansi.

Optimisme Pasar

Saat ini para pelaku pasar dan investor global sedang menaruh harapan tinggi pada kesepakatan dagang AS-China. Pasanya sesuai berita yang meluas kemarin, bahwa pemimpin kedua negara akan bertemu untuk melakukan penandatangan kesepakatan dagang tahap awal. Berdasarkan kabar terbaru dari Presiden Trump, kesepakatan akan ditandatangani pada pertengahan Januari mendatang.

Posisi AUDJPY hari ini yang mampu bertahan di tengah data negatif China juga bisa dikaitkan dengan rencana dari PBoC, bank sentral China. PBoC akan melakukan pemangkasan sebesar 50 basis poin bagi pemberi pinjaman. 

Hal ini akan membuat para pelaku pasar dan investor semakin optimis dan menghidupkan selera risiko. Tolak ukur selera risiko, imbal hasil obligasi Treasury AS dalam 10 tahun mengalami kenaikan ke 1,92 persen senada dengan lonjakan S&P 500.

 

Baca Juga:   Penjualan Eceran Inggris Anjlok Akibat Ketidakpastian Politik, Mengkonfirmasi Ekspektasi BoE Dovish

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar