Dolar AS Melemah Ketika Ekspektasi Cut Rate Fed Semakin Kuat

Menguatnya ekspektasi pemangkasan suku bunga oleh bank sentral AS telah membuat permintaan Dolar AS melemah terhadap Euro. Bahkan saat ini para pelaku pasar mempercepat prediksi mereka dari pemangkasan suku bunga bulan Juni menjadi bulan April. Pada pertemuan bulan April itu diprediksi bank sentral AS akan menurunkan suku bunga sampai 25 basis poin

Kemungkinan The Fed akan terus melakukan pemangkasan suku bunga sampai tiga kali dengan pemangkasan terakhir diprediksi pada Maret 2021 mendatang. Bukan hanya Fed saja, dikabarkan bank sentral Eropa juga akan melakukan pemangkasan suku bunga 10 basis poin pada pertemuan bulan Juli nanti.

Survei yang dikutip Reuters menyebutkan peluang pemangkasan suku bunga oleh bank sentral Eropa saat ini sampai 80 persen. Walaupun peluang pemangkasan ECB lebih besar dibandingkan Fed, tapi Dolar AS melemah diperdagangkan terhadap Euro. Penyebabnya adalah tingkat pemangkasan Fed jauh lebih besar dibandingkan dengan ECB.

Ahli analisa dari Commerzbank yaitu Thu lan Nguyen mengatakan bahwa ekspektasi pemangkasan suku bunga sudah menerima momentum dan pemangkasan AS lebih besar dibandingkan dengan pemangkasan Zona Euro.

Dolar AS Fokus Ke Data

Terlepas dari semua ekspektasi pemangkasan suku bunga yang membuat Dolar AS melemah, pergerakan mata uang tersebut selanjutnya akan tergantung pada kondisi ekonomi ketika wabah virus Corona masih terus menghantui. Semalam data dari AS mengenai pesanan barang tahan lama mengalami penurunan menuju ke -0,2 persen dari data sebelumnya di 2,9 persen.

Tapi untungnya penurunan tersebut masih jauh lebih kecil dibandingkan harapan para pedagang yaitu penurunan sampai -1,5 persen. selain itu data mengenai PDB awal AS dalam kuartal mengalami kenaikan 2,1 persen sesuai dengan ekspektasi awal. Data itu terhitung tidak mengalami perkembangan pada kuartal akhir 2019 dibandingkan PDB kuartal ketiga.

 

Baca Juga:   Data Tenaga Kerja Positif Memotong Peluang Pelonggaran Kebijakan BoE

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar