Dolar AS Akan Menunggu Kesaksian Kedua Dari Fed Powell Untuk Arah Lebih Lanjut

Perdagangan di sekitar mata uang Dolar AS mengalami penguatan cukup baik terhadap Poundsterling Inggris dan mata uang utama lainnya. Kondisi ini terjadi ketika perdagangan di sesi kawasan Eropa sedang berlangsung. Namun tampaknya USD akan terikat terhadap lawan-lawannya karena pasar akan menunggu kesaksian Ketua Fed Powell untuk kali kedua di depan Kongres.

Kesaksian Kedua Powell

Jerome Powell sendiri akan melangsungkan pernyataanya sekitar pukul 14:00 waktu GMT. Dalam pernyataan ini Powell akan tetap menyampaikan mengenai ketidakpastian yang terus mengalami peningkatan dan akan berdampak ke suku bunga pada sisa tahun 2019 ini. Sebelumnya para pelaku pasar dan investor telah menurunkan harapan terhadap pelonggaran kebijakan moneter oleh Fed.

Turunnya harapan ini didasarkan pada data mengenai tenaga kerja AS yang mengalami lonjakan dan mengalahkan prediksi sebelumnya di hari Jumat pekan lalu. Namun secara luas pasar masih menaruh harapan penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin. Penurunan ini mungkin akan dilakukan pada pertemuan FOMC di akhir Juli mendatang.

Sejak setelah rilis data tersebut Dolar AS mengalami lonjakan pembelian cukup besar. Para analis melihat bahwa kondisi USD saat ini sudah melebihi batas atas dari siklusnya sehingga untuk selanjutnya lebih besar kemungkinan untuk terjadi penurunan. Selain itu analis yang berasal dari ING juga memperlihatkan bahwa besaran biaya untuk melindungi aksi beli terhadap turunnya mata uang Euro telah mengalami kemerosotan yang cukup tajam. Sementara itu biaya untuk melindungi aksi beli pada apresiasi euro mengalami peningkatan.

Tapi masih terlalu dini jika mengatakan bahwa Euro akan melonjak lebih tinggi dan mengalahkan Dolar AS. Mengingat adanya kemungkinan bank sentral Eropa untuk melonggarkan kebijakan moneternya dan adanya ancaman atas tarif yang dinaikan oleh AS, masalah Brexit dan anggaran dari Italia.

Baca Juga:   Nilai Tukar Dolar AS Menurun Terhadap Aset Berisiko Karena Optimisme Pasar

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar