Di Tengah Nada Risk Off, NZDUSD Hari Ini Justru Naik Ringan, Risiko Turun Tetap Tinggi

Mata uang Dolar New Zealand hari ini mendapatkan dorongan untuk naik lebih tinggi terhadap Dolar AS saat sesi Asia berlangsung di hari Kamis (2/4). Namun sayangnya pasangan NZDUSD hari ini masih memegang prospek penurunan yang lebih dalam lagi. Pasalnya bursa saham tidak memperlihatkan pergerakan positif yang menggambarkan pemulihan risiko karena bergerak turun lebih rendah.

NZDUSD hari ini sedang diperdagangkan di sekitar level harga 0,5925 atau telah mewakili kenaikan sampai 0,18% sepanjang hari Kamis ini. Jika memang mata uang Dolar New Zealand mampu mencatatkan kinerja yang positif sampai penutupan hari Kamis, maka pasangan NZDUSD akan mematahkan momentum penurunan yang telah terjadi tiga hari berturut-turut.

Sampai saat ini nada penghindaran risiko masih cukup kuat menguasai perdagangan yang dibuktikan dengan penurunan pada pasar saham. Dampaknya kenaikan NZDUSD hari ini mungkin tidak akan bertahan lama. Nikkei Jepang telah kehilangan kenaikan sampai 1,7% disusul oleh Kospi Korea Selatan yang turun 0,4%. Saham Asia lain seperti ASX 200, Shanghai Composite dan Hang Seng juga diperdagangkan dalam bias negatif.

Kekhawatiran Investor

Lemahnya nada risiko tetap disebabkan oleh rasa khawatir para pelaku pasar dan investor global. Wabah virus Corona mungkin akan benar-benar menghantam perekonomian global dan membawanya ke jurang resesi dan krisis. Nada kekhawatiran ini membebani setiap upaya kenaikan aset berisiko termasuk Kiwi.

Apalagi kemarin klaim pengangguran AS mengalami lonjakan sangat tajam di atas 4,45 Juta orang. Padahal AS merupakan negara dengan ekonomi paling besar di dunia dan bersaing terus dengan China. Laporan klaim pengangguran AS pada pekan sebelumnya berada di 3,283 Juta orang. Jika data fundamental AS dan beberapa negara lain terus memburuk, maka kekhawatiran akan terus meningkat dan membuat orang menyimpan Dolar AS.

 

Baca Juga:   Housing Starts AS Menurun, Optimisme Datang Kembali Dari Building Permits Yang Naik

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar