Data Perumahan AS Membaik Mendukung Ekspansi Ekonomi AS

Kemarin AS merilis data mengenai pembangunan perumahan dengan hasil yang cukup menggembirakan. Data itu disampaikan dengan hasil kenaikan menuju ke puncak dalam 13 tahun terakhir pada laporan bulan Desember. 

Salah satu faktor yang membuat data perumahan meningkat adalah adanya peningkatan aktivitas pasar global. Sehingga mengindikasikan bahwa pasar perumahan mulai mengalami pemulihan. Kondisi ini akan mendukung ekspansi ekonomi AS.

Ketua ahli ekonomi dari Narrof Economics Advisors yaitu Joel Narrof mengatakan bahwa dengan data mengenai pembangunan rumah yang melonjak besar, maka akan menjadi pendorong yang tidak diduga pada pertumbuhan ekonomi AS. Tapi kemungkinan pada kuartal pertama tahun ini menjadi lebih lemah lagi. Pada Desember 2019, data itu naik 16,9 persen dalam tahunan dan menjadi tertinggi sejak Desember 2006 lalu.

Adanya kegiatan groundbreaking pada bulan sebelumnya mendapat dukungan dari cuaca yang baik dan juga pasar perumahan yang sudah mulai mengalami pemulihan. Sementara itu diprediksi ada sebanyak 1.290 unit rumah selama tahun 2019 atau mengalami kenaikan 3,2 persen dari tahun 2018 lalu.

Dengan adanya lonjakan konstruksi bergabung dengan penyelesaian dan inventaris rumah dibangun yang naik, maka akan membuat kekurangan rumah menjadi lebih rendah. Pasalnya kekurangan itu membuat penjualan menjadi sangat dibatasi dan berdampak ke ekonomi AS.

Memang beberapa waktu terakhir kondisi pasar perumahan AS kembali mendapatkan momentum yang baik. Keputusan pemangkasan suku bunga oleh bank sentral AS sebanyak tiga kali telah mendorong ekonomi AS terutama pasar perumahan.

Lembaga Keuangan Hipotek yaitu Freddie Mac mengeluarkan data bahwa hipotek tetap 30 tahun turun menuju ke 3,65 persen dari puncak di 4,94 persen. Selain data perumahan yang membaik, produksi pabrik di AS juga dilaporkan mengalami peningkatan yang sangat positif.

 

 

Baca Juga:   Indeks Dolar AS Stabil Di Awal Pekan, Menunggu Pidato Pejabat Fed dan Data

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar