Data Penjualan Eceran Mendorong Poundsterling Inggris Naik Terhadap Euro

Perdagangan di sekitar pasangan Euro terhadap Poundsterling Inggris terlihat mengalami penurunan cukup moderat. Hal ini disebabkan oleh penguatan di seputar Pound baru-baru ini dan mengirim pasangan EURGBP untuk turun mengincar target level harga 0,9200. Penurunan ini bahkan terjadi dalam empat sesi dagang berturut-turut karena didukung juga oleh bias bearish mata uang Euro.

Data Penjualan Eceran Optimis

Penguatan Poundsterling pada saat sesi dagang kawasan Eropa hari Kamis (15/8) terjadi setelah rilis data mengenai penjualan eceran Inggris. Data tersebut disampaikan dengan hasil kenaikan 0,2 persen selama bulan Juli dan naik 3,3 persen hitungan tahunan. Sementara itu untuk penjualan eceran tidak termasuk mobil serta bahan bakar melebihi prediksi awal yaitu berada di ekspansi 0,2 persen bulan ke bulan dan 2,9 persen tahunan.

Sementara itu dari sisi polemik Brexit tampak tidak ada kabar pembaruan apapun dan tetap mengenai spekulasi dilakukan pemilu sela jika memang PM Boris tidak lolos menghadapi mosi tidak percaya parlemen Inggris. Mosi ini dipelopori oleh partai Buruh yang dipimpin Jeremy Corbyn yang juga menggandeng rencana penundaan Brexit, pemilihan umum dan juga referendum kedua. Namun sayangnya pasar pesimis dengan apa yang diharapkan oleh Jeremy Corbyn tersebut karena tidak masuk akal.

Fokus Selanjutnya

Untuk perdagangan Poundsterling Inggris selanjutnya mungkin akan semakin berat. Pasalnya masalah mengenai Brexit tanpa kesepakatan terus meningkat mendekati deadline 31 Oktober mendatang. Sampai saat ini masalah backstop Irlandia menjadi pengganjal pembicaraan antara Inggris dengan Uni Eropa.

Kondisi perekonomian Inggris saat ini juga terus buruk karena PDB yang menurun walaupun beberapa data sempat optimis. Namun bank sentral Inggris tetap lebih memilih menahan diri untuk melonggarkan kebijakan sebelum Brexit terselesaikan.

Baca Juga:   Kunjungan PM Boris Ke Jerman dan Perancis, Pasar Mengharapkan Kepastian

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar