Data Manufaktur AS Negatif, Dolar AS Melemah Terhadap Mata Uang Utama

Laporan data mengenai aktivitas manufaktur AS mengalami pelemahan ke area kontraksi selama empat bulan terakhir. Tingkat pesanan selama bulan November mengalami penurunan menuju ke level paling rendah sejak tahun 2012 lalu. Dikutip dari Reuters, pada hari Senin kemarin, ISM AS merilis data bahwa aktivitas pabrik mengalami kemerosotan menuju ke 48,1 dari sebelumnya di 48,3.

Hasil laporan oleh ISM tersebut cukup jauh dari prediksi jajak pendapat Reuters yang berada pada level 49,2. Dengan hasil tetap di bawah level 50,0, maka menandai bahwa aktivitas pabrik tetap di bawah kontraksi. Untuk tingkat ketenagakerjaan berada pada level 46,6 atau turun dari laporan sebelumnya yang berada pada level 47,7. Hasil tersebut merupakan penurunan untuk kali keempat beruntun.

Setelah rilis data manufaktur AS yang mengecewakan tersebut telah membuat permintaan Dolar AS mengalami penurunan tajam. Sehingga membuat beberapa mata uang utama berkorelasi negatif terhadap greenback mendapatkan keuntungan. Salah satu pasangan yang diuntungkan adalah EURUSD yang melonjak menuju ke puncak baru di level harga 1,1063 setelah data.

Tekanan-tekanan yang terjadi pada manufaktur AS tersebut mungkin bisa disebabkan karena perekonomian AS yang tumbuh dengan lambat seperti apa yang dikatakan Fed Powell beberapa pekan lalu. Kondisi perang dagang yang belum memberikan kepastian membuat para pelaku pasar dan investor terus menahan diri dari bisnis.

Sementara itu mata uang Euro tampak mampu mengambil keuntungan walaupun ECB Lagarde memberikan pernyataan yang kurang optimis saat di hadapan parlemen kemarin. Dinamika perang dagang antara AS dan China mungkin akan terus menjadi perhatian utama para pelaku pasar dan investor. Jika memang hubungan kedua negara pulih, maka akan membuka peluang perbaikan ekonomi kedua negara dan ekonomi global yang sedang mengalami perlambatan.

 

Baca Juga:   Jepang, Korea Selatan, China Diperdagangkan Lebih Tinggi Karena Pasar Asia Lainnya Tutup Untuk Jumat Agung

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar