Data Jepang Positif, EURJPY Hari Ini Tetap Bertahan Di Atas Support Utama 120,00

Beberapa waktu terakhir Yen Jepang menerima dorongan kenaikan yang cukup moderat setelah rilis data mengenai produk domestik bruto yang melonjak. Walaupun demikian, sayangnya pasangan EURJPY hari ini tidak mampu mengalami penurunan yang lebih dalam. Pasangan mampu bertahan di atas level harga 120,00 saat sesi Asia berlangsung di hari Senin (9/12).

Data Positif Jepang

Tingkat perekonomian Jepang mengalami pertumbuhan 1,8 persen dalam tahunan selama bulan Juli sampai September. Hasil tersebut lebih besar dari prediksi sebelumnya 0,2 persen. Perubahan lebih tinggi terjadi lebih baik dari prediksi di 0,7 persen dengan jumlah selisih yang cukup besar. Sementara itu untuk hitungan kuartal ke kuartal, PDB dilaporkan dengan hasil 0,4 persen terhadap sebelumnya di 0,1 persen dan prediksi rata-rata di 0,2 persen.

Data lainnya seperti surplus transaksi berjalan dari Jepang berada di level 1,816,8 Miliar JPY selama bulan Oktober. Hasil itu lebih tinggi dari prediksi rata-rata sebelumnya di 1,797,8 Miliar JPY dan jauh diatas laporan data sebelumnya. Sayangnya EURJPY hari ini gagal memanfaatkan data Jepang dan terus bertahan di atas level 120,00.

Pasangan telah mengalami penurunan hanya sebesar 13 pip saja sebagai respon rilis data Jepang. Saat ini EURJPY berada di level paling rendah dalam sesi di 120,00 yang bergabung dengan level teknikal support utama yang sangat penting.

EURJPY hari ini bisa saja akan menembus level support di 120,00 tersebut. Pasalnya indeks S&P 500 terus mengalami penurunan sebesar 0,15 persen yang menggambarkan selera risiko pasar sedang surut. Mungkin Yen akan terus mampu unggul di atas Euro karena sifatnya sebagai aset safe haven. Dinamika sentimen risiko pasar mungkin akan menjadi faktor penggerak selanjutnya pada hari Senin ini. Mengingat rilis data ekonomi masih terbatas pada awal pekan perdagangan.

 

Baca Juga:   Mata Uang Euro Mendominasi Di Atas USD, Namun Belum Didukung Fundamental yang Baik

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar