Data Ekonomi Mengecewakan, Dolar AS Tetap Naik Terhadap Mata Uang Utama Global

Permintaan Dolar AS naik semakin kuat terhadap lawan-lawan utamanya sejak perdagangan hari Jumat pekan lalu. Bahkan dengan kenaikan itu, Dolar AS memperpanjang catatan positif selama tiga hari secara berurutan tanpa jeda. Kondisi ini mungkin terjadi karena para pelaku pasar dan investor yang mencari tempat perlindungan untuk mengamankan aset dari krisis ekonomi. Salah satu tujuannya adalah pada greenback.

Wakil Presiden Transaksi dan Perdagangan dari Tempus Inc yaitu John Doyle mengatakan negara utama telah memburuk diserang virus Corona seperti kawasan Eropa yaitu Inggris dan Italia. Berlari kemanapun akan tetap membuat obligasi dan Dolar AS naik karena dinilai sebagai safe haven penghindaran risiko.

Data AS Suram

Bahkan penguatan pada mata uang USD telah mengabaikan data dalam negeri mengenai pekerjaan non pertanian yang anjlok sangat tajam. Data Non Farm Payrolls atau NFP dilaporkan dengan penurunan sampai -702.000 lebih buruk dari harapan awal di -100.000 pada bulan Maret. Sehingga penurunan tajam ini menghentikan kenaikan pekerjaan selama 9 tahun terakhir.

Rincian lainnya seperti pengangguran AS mengalami kenaikan sampai 4,4 persen dibandingkan data sebelumnya di 3,5 persen. Andrew Hunter yang merupakan ahli ekonomi AS dari Capital Economics mengatakan penurunan NFP sudah dekat dengan hasil paling buruk pada saat krisis keuangan global 2008 lalu. Menggambarkan bahwa ekonomi global benar-benar hancur lebih cepat dari prediksi akibat pandemi virus Corona.

Namun data yang mengecewakan tidak mampu mendorong USD lebih rendah. Bahkan pergerakan Dolar AS naik pada indeks Dxy menuju ke 100,60 pekan lalu. Hari ini indeks telah bergerak naik menuju ke 100,85. Beberapa mata uang utama global harus rela tumbang melawan Dolar AS karena penguatan ini seperti Euro, Yen Jepang, Poundsterling, Franc Swiss, Dolar Australia dan juga Kiwi.

 

Baca Juga:   Pertemuan FOMC dan Serangkaian Data Ekonomi AS Menjadi Fokus Utama Pasar

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar