DApps Kini bisa Kirim Push Notification ke Pengguna Dompet Ethereum

Sebuah startup India telah membangun protokol notifikasi terdesentralisasi yang dijuluki Ethereum Push Notification Service (EPNS) yang memungkinkan DApps mengirim notifikasi push ke pengguna dompet Ethereum.

Pendiri EPNS Richa Joshi mengatakan bahwa mereka mengembangkan protokol setelah menemukan kemiripan yang mencolok antara bagaimana aplikasi beroperasi pada masa-masa awal internet dan bagaimana mereka beroperasi di Web 3.0.

DApps dan Dompet Ethereum

Dia menjelaskan bahwa Gmail atau Orkut tidak mengirim pemberitahuan pada awalnya seperti yang mereka lakukan sekarang. Pengguna harus memeriksa kembali setiap kali untuk melihat apakah mereka menerima email atau pesan baru.

Itu berubah ketika Apple meluncurkan notifikasi untuk aplikasi internet pada 2010, Joshi menambahkan, mengatakan:

“Tiba-tiba, layanan mulai menjangkau pengguna setiap kali diperlukan tindakan dari pihak mereka. Ini meningkatkan rasio keterlibatan sebesar 7x dan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik.”

Dari perspektif itu, katanya, DApps, kontrak pintar, dan layanan terdesentralisasi lainnya di Web 3.0 bekerja serupa dengan GMail dan Orkut. Joshi menekankan bahwa inilah yang membuat mereka tertarik untuk membawa notifikasi push ke dunia yang terdesentralisasi dan menarik industri keluar dari “era komunikasi zaman batu”.

Menjelaskan lebih lanjut bagaimana EPNS bekerja, dia menyatakan bahwa EPNS adalah lapisan komunikasi terdesentralisasi yang mengikuti etos Web 3.0 dan “mampu membawa pemberitahuan ke platform apa pun termasuk dompet crypto, aplikasi seluler, atau bahkan browser web.”

Joshi mengatakan bahwa EPNS akan melayani tujuan yang sama untuk aplikasi dan layanan terdesentralisasi seperti yang dilakukan Apple Push Notification Service untuk platform iOS.

Push Notification

Ini akan bertindak sebagai middleware terdesentralisasi dan memverifikasi sumbernya, memastikan perlindungan spam, dan hanya membiarkan pemberitahuan melalui ke pengguna dompet jika mereka telah setuju untuk menerimanya. Dia menambahkan bahwa pengguna akan memiliki kendali penuh atas apakah mereka menerima pemberitahuan:

“Protokol memungkinkan pengguna untuk mengontrol langsung dari layanan apa mereka mendapatkan pemberitahuan, itu memberlakukan aturan pada layanan termasuk perlindungan spam bagi pengguna, membatasi kemampuan mereka untuk menambahkan dompet sebagai pelanggan, dll.”

DApps dan layanan terdesentralisasi lainnya akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendorong layanan mereka ke komunitas cryptocurrency dengan bantuan notifikasi push.

Baca Juga:   Analis Memprediksi Stake Ethereum 2.0 Akan Memicu BullRun

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar