Dampak Langsung Perang Dagang Bagi Amerika Serikat dan China

Berdasarkan pengkajian yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB yang dipublikasikan pada hari Selasa kemarin menunjukkan, perang dagang yang terjadi antara AS dengan China telah berdampak ke penurunan masukkan produk China ke pasar AS. Bahkan penurunan tersebut terjadi lebih dari seperempat atau mencapai sekitar $35 Miliar. Selain itu konsumen AS juga harus menerima dampak negatif yaitu berupa harga produk China yang melonjak.

Sebelumnya perang dagang yang terjadi antara AS dengan China telah berlangsung sekitar 16 bulan dan saat ini pasar mengharapkan akan terjadi kesepakatan dagang antara kedua negara. Namun jika memang kesepakatan tersebut gagal terwujud, maka secara otomatis akan ada kenaikan tarif AS terhadap produk-produk China yang masuk ke pasar AS.

Dampak Perang Dagang

Dilansir dari Reuters, didasarkan kajian United Nations Conference on Trade and Development, menyatakan bahwa dari paruh pertama tahun 2019, tingkat impor AS dari China terhadap produk yang mengalami kenaikan karena perang dagang telah anjlok menuju ke $95 Miliar saja. Dimana sebelumnya impor bisa mencapai $130 Miliar.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa dari fakta perdagangan yang telah terjadi, pemberlakukan kenaikan tarif telah menyebabkan kerugian bagi kedua belah pihak. Dari pihak AS kerugian dirasakan berupa beberapa produk asal China mengalami kenaikan harga. Sementara itu China mengalami penurunan ekspor yang besar.

Bagian yang paling menderita dengan adanya kenaikan tarif sebagai perang dagang adalah pada impor mesin dan alat komunikasi yang berasal dari China. Semakin berjalannya waktu, pemberlakuan tarif yang tinggi tersebut terus memberikan kerugian bagi ekspor China.

Beberapa negara lain tampak mulai mengambil pasar China yang ditinggalkan karena kenaikan tarif. Bahkan dampak buruknya saat ini ekonomi dunia dekat dengan jurang resesi karena konflik antara AS dan China terus berkepanjang dan menjalar ke perdagangan global.

 

Baca Juga:   Ekspor Jepang Anjlok Meningkatkan Ekspektasi Pelonggaran Kebijakan BoJ

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar