Codebase Bitcoin Diawetkan 1.000 Tahun di Arsip di Bawah Es Arktik

Cuplikan dari Codebase Bitcoin akan dikodekan ke gulungan film dan disimpan selama seribu tahun di bawah es arktik di Svalbard, Norwegia. Langkah ini merupakan bagian dari Program Arsip GitHub, dengan misi untuk melestarikan perangkat lunak open-source, untuk generasi mendatang untuk belajar tentang budaya masa kini.

GitHub telah bermitra dengan lembaga-lembaga seperti Software Heritage Foundation, Arctic World Archive, dan Perpustakaan Bodleian Universitas Oxford untuk memastikan pelestarian kode jangka panjang, yang jika tidak bisa ditinggalkan, dilupakan atau hilang.

Codebase Bitcoin Untuk Masa Depan

Dengan sifat sementara dari banyak media penyimpanan modern saat ini, sebuah solusi membutuhkan pengarsipan perangkat lunak di berbagai organisasi dan bentuk penyimpanan jangka panjang. Pengarsip online menggunakan akronim LOCKSS untuk ini, yang merupakan singkatan dari “Banyak Salinan Menyimpan Barang Aman.”

Program ini telah mengadopsi strategi “lapisan kecepatan”, untuk memaksimalkan fleksibilitas dan daya tahan. Setiap dorongan ke GitHub memicu replikasi data ke beberapa pusat data global, dan semua data ini tersedia langsung dan dalam waktu nyata. Ini terdiri dari lapisan “panas” paling aktif.

Lapisan “hangat” termasuk solusi seperti Internet Archive’s Wayback Machine, yang memperbarui salinan arsip di suatu tempat antara basis bulanan dan tahunan. Ini juga arsip di beberapa lokasi geografis.

Lapisan penyimpanan “dingin” hanya akan diperbarui setiap lima tahun atau lebih, dan Arktik World Archive (AWA) adalah salah satunya. Pada 2 Februari 2020, sebuah snapshot dari setiap repositori GitHub aktif diambil.

Ini akan dikodekan ke gulungan film setinggi 3.500 kaki oleh perusahaan Norwegia bernama Piql, yang berspesialisasi dalam penyimpanan data jangka panjang. Gulungan film akan disimpan sedalam 250 meter di tambang batubara AWA yang dinonaktifkan di bawah lapisan es Arktik di pulau Svalbard.

Baca Juga:   Bitcoin Berisiko saat IMF Peringatkan Kemerosotan Terburuk dalam 90 Tahun

Gudang Kode Arktik berjarak hanya 1,6 km dari Gudang Seed Global yang terkenal.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar