China Menghapus Tarif Impor AS Di Tengah Hantaman Wabah Virus Corona

Ekonomi China terus mendapatkan ancaman akan mengalami tekanan karena wabah virus Corona. Saat ini di tengah wabah yang terus menyerang, dilaporkan bahwa Beijing berencana menghapus tarif sekitar 696 produk yang berasal dari AS. Produk-produk yang akan dihapus tarifnya termasuk produk hasil pertanian, energi, daging babi dan sapi. Diharapkan langkah ini akan memberikan dampak positif bagi kesepakatan dagang AS-China.

Mengutip dari Reuters, penghapusan tarif itu direncanakan akan terbagi dalam tiga bagian. Memang hubungan kedua negara sempat memanas karena perang dagang dan sangat melukai perekonomian global. Namun kemarin kedua negara sudah mencapai kesepakatan dagang dan mengakhiri sengketa tersebut. Babak baru kesepakatan tahap kedua sampai saat ini masih ditunggu oleh pedagang.

Pada kesepakatan dagang AS-China, ada komitmen dari Beijing untuk meningkatkan pembelian produk barang dan juga jasa dari AS dengan nilai sampai $200 Miliar dalam kurun waktu dua tahun. Sementara itu pengecualian tarif setelah kesepakatan dagang itu termasuk didalamnya produk etanol, gandum, jagung dan juga sorgum.

Selain itu alat-alat kesehatan dan logam juga mendapat pengecualian tarif untuk masuk ke pasar China. Berbagai jenis logam seperti bijih tembaga serta konsentrat, skrap tembaga dan aluminium. Kemungkinan pengecualian tarif ini untuk bisa mendukung pertumbuhan ekonomi China karena hantaman wabah virus Corona.

Namun ada keraguan dari AS seperti yang diungkapkan oleh pejabat dan ahli analisa asal AS. Mereka mempertanyakan kemampuan China untuk bisa berkomitmen melakukan pembelian sesuai dengan kesepakatan dagang AS-China. Karena wabah virus Corona akan menekan perekonomian China.

Kementerian Keuangan China juga memberikan pernyataan bahwa komitmen pengecualian tarif akan mulai berlaku efektif 2 Maret 2020 mendatang. Untuk semua pengecualian tarif yang diberlakukan, akan berlangsung selama kurun waktu satu tahun kedepan.

Baca Juga:   Trump Meminta Kepada Fed Agar Suku Bunga AS Negatif, Apa Saja Kelebihannya?

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar