China Memiliki Banyak Cara Untuk Kembali Ke AS Untuk Perawatan Huawei

China memiliki banyak cara yang dapat dibalaskan terhadap perlakuan AS terhadap Huawei, dan perusahaan AS dapat merasakan beban terbesarnya.

China Memiliki Senjata Untuk Mengalahkan AS Dalam Kesepakatan Perdagangan

Baik Gedung Putih dan Departemen Perdagangan Rabu mengambil tindakan terhadap perusahaan telekomunikasi China, yang pada dasarnya akan melarangnya menjual teknologi di pasar AS dan juga menghentikannya dari membeli chip Qualcomm yang dibutuhkan untuk produksinya. Huawei dimasukkan dalam Daftar Entitas Departemen Perdagangan yang akan mengharuskan perusahaan untuk mengajukan lisensi untuk menjual teknologi ke Huawei. Sehingga, itu membatasi aksesnya ke teknologi AS.

AS mungkin melihat tindakan terhadap Huawei sebagai pengungkit dalam negosiasi perdagangan China-nya. Itu sebelumnya telah mencapai titik yang sulit dan sekarang bisa memakan waktu beberapa bulan lagi. Reaksi yang mungkin terjadi di China berkisar dari mendorong boikot produk A.S., mendukung perusahaan lain daripada perusahaan Amerika, dan melakukan penegakan peraturan dan inspeksi yang mengganggu.

China juga dapat menggunakan taktik yang sama yang mungkin digunakan jika pembicaraan perdagangan menjadi lebih sulit atau berantakan. Itu seperti membatasi pembelian US Treasurys atau menjualnya atau melemahkan mata uangnya. Pemegang terbesar Treasury AS, Tiongkok baru-baru ini mengurangi kepemilikannya ke level terendah dalam dua tahun.

Analis Eurasia Group mengatakan sekarang hanya ada peluang 15% dari kesepakatan pada saat Presiden Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping bertemu di pertemuan G-20 pada akhir Juni. Mereka melihat peluang 45% bahwa negosiasi akan diperpanjang, dan 40% kemungkinan tidak akan ada kesepakatan atau gencatan senjata.

Ekonom Citigroup masih mengharapkan kesepakatan perdagangan dalam beberapa bulan ke depan, terlepas dari di mana Huawei berdiri.

Cesar Rojas, ekonom global di Citigroup mengatakan :

Baca Juga:   Pasar China Anjlok Lebih Dari 5% Karena Ketegangan Perdagangan As-China Meningkat

“Ini konsisten dengan pandangan kami bahwa ketegangan antara AS dan China melampaui perdagangan. Apa yang kami pikirkan sebelum acara ini adalah isu-isu mengenai sektor teknologi ini sebagian besar diambil pada jalur yang berbeda. Sehingga, mereka tidak terikat dengan memiliki perjanjian perdagangan”.

Analis berspekulasi bahwa salah satu respons pertama China terhadap tindakan Huawei adalah menuduh dua warga Kanada Kamis dengan spionase. Keduanya ditangkap pada bulan Desember, dan tuduhan terhadap mereka dipandang sebagai imbalan atas bantuan Kanada dalam penangkapan Huawei CFO Meng Wanzhou, yang berperang ekstradisi ke AS.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar