Bukan Hanya China : Perang Dagang Trump Berkecamuk Di Beberapa Bidang

Perang dagang Presiden Donald Trump dengan China bukan satu-satunya konflik dengan mitra dagang utama yang mengamuk menjelang tawaran pemilihannya kembali.

Trump, yang berkampanye pada 2016 untuk menindak apa yang ia sebut praktik perdagangan tidak adil, telah memicu konflik perdagangan di lebih banyak front. Dari Kanada dan Meksiko ke Uni Eropa dan Jepang, presiden menghadapi saat-saat penting dalam perangnya untuk membentuk kembali hubungan perdagangan A.S. menjelang pemilihan 2020.

Konflik Terjadi Dimana-mana

Trump memiliki jalan yang sulit untuk menindaklanjuti agenda perdagangannya sambil menghindari kerusakan pada ekonomi AS yang kuat. Dia harus memutuskan apakah akan menampar tarif yang mengancam pada $325 miliar pada produk China yang tetap tidak dibayar. Dia bertujuan untuk meratifikasi pembaruan pada Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, tetapi beberapa anggota parlemen ingin dia menghapus tarif baja dan aluminium di Kanada dan Meksiko sebelum mereka akan mendukung kesepakatan.

Trump sudah mengenakan bea impor baja dan aluminium dari UE. Sekarang, presiden akan memutuskan dalam beberapa hari mendatang apakah dia akan menampar tarif pada mobil Eropa. Uni Eropa dapat membalas jika Trump berhasil mengatasi ancamannya.

Berikut adalah area di mana presiden harus menavigasi konflik perdagangan dalam beberapa bulan mendatang.

China

Beijing melepaskan tembakan terakhir dalam perjuangan ekonomi pada Senin, menaikkan tarif barang-barang AS sebesar $60 miliar hingga 25%. China membalas setelah keputusan pemerintah Trump untuk menaikkan bea atas $200 miliar dalam produk-produk China.

Administrasi Trump telah mengenakan tarif barang-barang China senilai $250 miliar sejauh ini. Beijing telah mengenakan bea atas produk-produk senilai $110 miliar dari Amerika Serikat.

Namun, konflik masih dapat meluas lebih banyak setelah pembalasan Senin dari China. Trump telah mengancam akan mengenakan tarif 25% atas barang-barang China senilai $325 miliar yang masih belum dicetak. Dia mengatakan Senin bahwa dia belum memutuskan apakah akan memungut bea.

Baca Juga:   Pasar Asia Sebagian Besar Mengalami Penurunan Menyusul Kerugian As

Kanada dan Meksiko

Tahun lalu, pemerintahan Trump memutuskan untuk tidak menyisihkan tetangganya dari tarif 25% dan 10% untuk baja dan aluminium. Kanada dan Meksiko membalas.

Uni Eropa

AS dan UE berupaya menghindari eskalasi dalam konflik perdagangan terbatas. Tahun lalu, setelah Trump mengenakan tarif baja dan aluminium dari blok Eropa, UE memungut bea atas produk senilai $2.4 miliar seperti wiski dan sepeda motor.


Tinggalkan sebuah Komentar