Boris Johnson Terpilih Sebagai Perdana Menteri Inggris, Awal Baru Tantangan Baru

Secara resmi pengumuman mengenai hasil kontes Perdana Menteri Inggris diumumkan pada hari Selasa pagi waktu setempat. Namun sebelum rilis pengumuman resmi, sudah ada beberapa berita terkenal termasuk diantaranya Reuters memberikan harapan PM yang terpilih adalah Boris Johnson.

Setelah rilis pengumuman resmi, dinyatakan bahwa Boris Johnson sebagai pemenang kontes PM Inggris. Boris akan menggantikan kursi kepemimpinan Theresa May pada hari Rabu sore waktu setempat. May sendiri telah mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri Inggris karena gagal mendapatkan dukungan yang cukup pada rencana Brexitnya.

Sesuai apa yang sudah diungkapkan Boris saat masa pemilihan dan masa kampanye, dia akan terus berusaha untuk menyelesaikan polemik Brexit tepat pada waktunya yaitu akhir bulan Oktober dengan hasil apapun. Langkah ini memang terkesan cukup agresif dan juga Boris harus menghadapi tantangan untuk melakukan pembicaraan ulang dengan Uni Eropa. Walaupun para pimpinan Uni Eropa tidak menaruh kemungkinan pada pembicaraan tersebut.

Boris sebelum terpilih juga telah menyampaikan bahwa akan memimpin Inggris untuk keluar dari Uni Eropa walaupun itu tanpa kesepakatan transisi sekalipun. Langkah ini tentunya akan mendatangkan masalah pada berbagai bidang terutama ekonomi Inggris. Kekhawatiran ini juga terlihat pada pasar yang merespon dengan pelemahan di sekitar Poundsterling Inggris Selasa saat sesi Asia berlangung. Pasangan GBPUSD diperdagangkan di sekitar levelk harga 1,2464 dan terhadap euro pada level harga 0,8983 Selasa pagi.

Tekanan Pasar Keuangan

Pasar keuangan global sendiri juga menerima dorongan negatif selain pengumuman Perdana Menteri Inggris yang baru. Pasar saat ini tengah melakukan sikap antisipasi dengan berlangsungnya rapat kebijakan oleh bank sentral Eropa. Terutama setelah Presiden ECB yaitu Mario Draghi diharapkan akan dovish.

Baca Juga:   Saham Naik Sedikit Karena Penguatan Saham Teknologi, Wall Street Menunggu Pertemuan Fed

Saat ini pasar juga sedang menunggu rilis kebijakan moneter AS oleh Fed yang akan bertemu dalam waktu dekat. Pasar memprediksi Fed akan melakukan pemangkasan suku bunga AS dan menjadi penurunan suku bunga pertama kali sejak 10 tahun terakhir.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar