Beijing Menyiapkan Alokasi Dana Super Besar Untuk Virus Corona

Untuk menanggulangi virus Corona, pemerintah China telah mengalokasikan dana sampai 110,48 Miliar yuan sampai 4 Maret 2020. Dilansir dari Reuters, wakil Menteri Keuangan China yaitu Xu Hongcai menyampaikan bahwa dari keseluruhan dana itu, tersisa dana yang belum terpakai yaitu 39,05 Miliar dan 71,43 Miliar yuan sudah digunakan.

Dengan alokasi dana yang sangat besar itu maka pemerintah China akan memastikan bahwa layanan di sekitar daerah akan tetap lancar walaupun dalam kondisi yang darurat. Xu juga mengatakan bahwa akibat penyebaran virus ini, maka pendapatan pemerintah akan turun karena ekonomi China yang terganggu.

Walaupun dalam kondisi penuh ancaman perlambatan, Xu juga menilai bahwa tekanan pada bagian pajak sudah mulai menurun dan ekonomi China berangsur membaik. Sementara itu pemerintah pusat akan mengambil langkah-langkah yang dinilai strategis untuk memulihkan kembali perekonomian.

Dari beberapa langkah yang akan diambil Beijing, diharapkan mampu menghidupkan kembali beberapa sektor yang terdampak virus Corona paling suram. Namun Xu belum memberikan penjelasan terkait bentuk stimulus yang akn diberikan oleh Beijing. 

Tapi ada beberapa langkah yang sudah bisa dipastikan seperti pemotongan pajak bertahap karena sedang dalam proses pengkajian. Langkah itu ditargetkan menumbuhkan UMKM di tengah ekonomi China yang sedang tertekan.

Sementara itu untuk kondisi daerah yang merupakan pusat penyebaran yaitu Hubei, Xu mengatakan pendapatan fiskal stabil pada bulan Januari. Tapi kondisi keuangan kawasan tersebut memburuk sepanjang bulan Februari karena pendapatan daerah tidak pasti.

Xu juga menjelaskan bahwa Kementerian akan menyalurkan dana ke pemerintah daerah termasuk Hubei untuk memulihkan kondisi ekonomi China saat ini. Sementara itu Bank Dunia juga telah menyiapkan anggaran pinjaman dana untuk negara-negara yang sedang dilanda virus Corona.

 

Baca Juga:   Mata Uang Euro Terus Mendominasi EURUSD Dalam Sepekan Ini

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar