Bank Sentral Perancis Desak Eropa Ciptakan Pembayaran Digital Untuk Saingi AS dan China

Saat hari Selasa kemarin, bank sentral Perancis terus memberikan tekanan agar menciptakan sebuah sistem pembayaran untuk seluruh kawasan Eropa. Sistem pembayaran digital yang baru ini ditujukan untuk pembelian ritel sebagai respon persaiangan untuk menandingi Amerika Serikat dan juga China. Berdasarkan pernyataan Gubernur bank sentral Perancis yaitu Francois Villeroy de Galhau bahwa terobosan baru dalam bidang teknologi mengenai keuangan dan dengan dipelopori oleh perusahaan teknologi raksasa akan membuat sistem pembayaran tidak seperti dulu yang sangat membosankan.

Villeroy juga mengungkapkan sebuah kebenaran yang cukup negatif bahwa pasar pembayaran yang ada di kawasan Eropa sudah didominasi oleh para pemegang saham yang berasal dari luar kawasan Eropa. Apalagi saat ini perusahaan digital yang ada di luar Eropa entah itu Amerika Serikat ataupun China telah menawarkan sebuah sistem pembayaran digital yang lebih efisien dan perlu ditanggapi oleh Uni Eropa dengan serius.

Sebelumnya pada masa lalu bank-bank yang ada di kawasan Eropa telah dinilai gagal dalam pengembangan saingan terhadap Visa dan juga Mastercard. Kegagalan tersebut memaksa Eropa untuk bisa menghadapi persaiangan teknologi yang saat ini telah berkembang seperti pembayaran digital hanya dengan menggunakan ponsel. Model pembayaran seperti ini sudah dikembangkan di China dan menjadi sebuah inovasi besar dan penting untuk perdagangan dalam negeri.

Sebenarnya pembayaran secara real-time sudah bisa dilakukan di Eropa sejak tahun 2017 lalu. Masalahnya hanya ada sekitar separuh dari bank-bank negara blok yang sudah bergabung dengan pembayaran real-time untuk perdagangan dalam negeri. Bank sentral Eropa juga telah memulai pemberlakukan layanan TIP sejak akhir tahun lalu. Sayangnya bank-bank negara blok sangat lambat untuk mengadopsi sistem tersebut.

Baca Juga:   Laporan Pekerjaan Dapat Menunjukkan Tren Melambat Yang Menjadi Alasan Pemotongan Suku Bunga The Fed

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar