Bank of Korea Meluncurkan Program Percontohan Mata Uang Digital

Bank of Korea mengumumkan pada tanggal 6 April bahwa mereka telah meluncurkan program percontohan untuk menilai logistik penerbitan mata uang digital bank sentral atau CBDC.

Sementara bank sentral Korea Selatan tersebut tidak memiliki rencana segera untuk memperkenalkan mata uang seperti itu, skema percontohan akan memastikan bahwa ia siap untuk melakukannya dalam menghadapi kondisi pasar yang berubah.

Bank of Korea dan CBDC

Setelah penelitian teoritis yang dilakukan pada bulan Februari 2020, pilot akan terdiri dari tinjauan teknologi dan hukum dari penerbitan CBDC. Itu dimulai pada bulan Maret dan dijadwalkan untuk berjalan selama 22 bulan, hingga Desember 2021.

Fase awal adalah untuk menentukan persyaratan dan desain CBDC, untuk berjalan selama lima bulan hingga Juli 2020. Ini akan tumpang tindih dengan tinjauan teknologi yang diperlukan untuk mengimplementasikan mata uang, yang dijadwalkan mulai April hingga Agustus.

Setelah ini, akan ada analisis proses bisnis, yang berlangsung hingga akhir tahun 2020. Akhirnya, keseluruhan tahun 2021 akan melihat pembangunan 12 bulan dan pengujian sistem percontohan CBDC.

Pengumuman menjelaskan bahwa bank tidak melihat kebutuhan mendesak untuk merilis mata uang digital di Korea Selatan, melainkan bahwa, berdasarkan penelitian negara-negara lain di lapangan, ia ingin dipersiapkan jika langkah tersebut menjadi kebutuhan:

“Kebutuhan untuk mengeluarkan CBDC dalam waktu dekat masih tetap tipis ketika mempertimbangkan permintaan uang tunai yang masih ada, pasar layanan pembayaran yang kompetitif dan inklusi keuangan tingkat tinggi, tetapi ada kebutuhan untuk dapat dengan cepat mengambil langkah-langkah dalam kasus kondisi pasar di dalam dan luar negeri berubah dengan cepat. “

Baca Juga:   Bank Sentral Swedia Ingin Menjadi Pusat Inovasi untuk Mata Uang Digital

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar