AUDUSD Naik Mengambil Nada Positif Dari S&P 500

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini mencatatkan pemantulan yang lebih baik dari dari nilai tukar 0,7090 menuju ke atas 0,7100. Salah satu faktor yang membawa Dolar Australia unggul adalah adanya nada risiko yang seperti mulai naik lagi. Hal itu bisa terlihat pada kontrak berjangka S&P 500 yag mencatatkan kinerja sangat baik sepanjang sesi Asia hari Senin ini (27/7). Kemudian posisi Dolar AS yang melemah secara luas juga turut mendukung kenaikan.

S&P 500 Mendukung AUDUSD Naik

Saat pertengahan sesi Asia, AUDUSD hari ini mampu mencetak kenaikan 0,50% menuju ke nilai tukar 0.7138 dan berhasil menutup pembukaan gap bearish. Di sisi lain, pendukung Dolar Australia naik yaitu kontrak berjangka S&P 500 naik sampai 0,53% sejak sesi awal Asia tadi pagi. Dolar AS juga masih berada di titik paling rendah sejak tahun 2018 lalu di 94,400.

Beban tambahan bagi Dolar AS adalah adanya kenaikan dari harga emas yang melonjak ke puncak terbaru d sekitar 1.930. Ini terjadi karena imbal hasil obligasi Treasury AS mengalami penurunan. Sehingga membuat Dolar AS semakin mengalami kerugian yang besar.

Kenaikan AUDUSD hari ini juga menerima dorongan tambahan setelah Asisten Gubernur RBA yaitu Kent memberikan komentar mengenai nilai tukar Dolar Australia. Dia mengatakan bahwa tidak terlalu takut dengan posisi nilai tukar Dolar Australia.

Kemudian untuk pergerakan pasangan mata uang AUDUSD hari ini mungkin akan terus fokus ke dinamika arah risiko global. Masalah-masalah global tampaknya masih akan mendominasi pergerakan beberapa waktu kedepan. Selain itu arah Dolar AS juga akan menggerakkan pasangan karena sedang berada di titik paling rendahnya. Nanti malam rilis data ekonomi AS mengenai pesanan barang tahan lama mungkin juga akan menawarkan peluang jangka pendek.

 

Baca Juga:   Ekonomi Jerman Tumbuh, Mata Uang Euro Pulih Secara Cepat Terhadap Dolar AS

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar