AUDUSD Mundur Setelah Data Campuran China dan Kekhawatiran Virus Corona Gelombang Kedua

Beberapa saat yang lalu China merilis data ekonomi utama dengan hasil yang campuran. China merilis datar penjualan eceran yang turun cukup tajam meski mampu pulih dan data produksi industri yang positif. Pasca rilis data tersebut pasangan AUDUSD hari ini tampak memberikan sedikit respon dengan penurunan ke 0,6452. Hasil data yang campuran mungkin menyebabkan Dolar Australia tidak begitu bergerak.

Data ekonomi China mengenai penjualan eceran dilaporkan masih turun cukup tajam ke -7,5% lebih buruk dari prediksi awal di -7%. Tapi bagaimanapun juga data tolak ukur sentimen konsumen itu mampu pulih dari laporan bulan sebelumnya yang berada di -15,8%.

Sementara itu data produksi sektor industri justru mampu mengalami pemulihan baik ke 3,9% tahun ke tahun. Data lebih baik prediksi berupa pemulihan ke 1,1% dan lebih baik dari data sebelumnya di -1,1%. Normalnya Dolar Australia akan bergerak setelah ada data utama dari China. Karena China adalah pelanggan utama Australia untuk beberapa produk ekspor utama Aussie.

Beberapa Penggerak Dolar Australia

Tampaknya pergerakan AUDUSD hari ini juga dipengaruhi oleh keputusan bank sentral China atau PBoC yang tidak melakukan perubahan suku bunga. Keputusan itu meleset dari prediksi sebelumnya sehingga Dolar Australia memberikan respon.

Selain itu pergerakan Dolar Australia juga sangat dipengaruhi oleh berita terbaru mengenai virus Corona. Banyak pihak yang khawatir dengan pelonggaran lockdown akan menyebabkan gelombang kedua virus Corona. selain itu masalah perang dagang antara AS dan China juga terus membebani permintaan AUDUSD hari ini.

Selain itu saat ini jajaran administrasi Trump menunggu keputusan Senat AS terhadap usulan sanksi bagi China. Jika UU itu diberikan persetujuan oleh Senat AS, maka bisa dipastikan AS akan memberlakukan beberapa sanksi bagi China. Apalagi hubungan Australia dengan China juga tampak sedang tidak baik yang akan membebani Dolar Australia.

 

Baca Juga:   Saham Asia Sebagian Besar Memerah, ASX 200 Melonjak Karena Stimulus Pemerintah Australia

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar