AUDUSD Masih Stagnan Setelah Penurunan Akibat Risk Off dan Lockdown di Victoria

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini bertahan di sekitar nilai tukar 0,6947. Pasangan tidak mengalami pergerakan yang cukup signifikan sepanjang sesi Asia hari Rabu ini (8/7). Sementara itu sepanjang pekan ini pasangan sempat mengalami pemantulan setelah ada beberapa katalis penggerak. Lonjakan kasus yang memaksa aksi lockdown kembali dan pertemuan kebijakan RBA kemarin menjadi penyebab pemantulan tersebut.

Pasangan harus rela untuk mengakhiri kenaikan signifikan selama enam hari tanpa jeda. Penyebabnya adalah karena para pembeli Dolar Aussie yang tidak yakin untuk kembali melakukan pembelian lebih tinggi. Sementara itu pada hari Rabu kemarin, RBA tidak melakukan perubahan suku bunga dan tetap berada di titik paling rendah 0,25%.

Naik Turun Digerakkan Risiko

Pasca kebijakan itu pasangan sempat naik ke puncak di 0,6998 dan kembali tertolak menuju ke 0,6945 yang telihat pada AUDUSD hari ini. Penolak itu mungkin disebabkan selera risiko global yang kembali lemah ditandai penurunan pada pasar ekuitas. Bahkan saat sesi Eropa Rabu kemarin pasangan turun lebih dalam ke 0,6923. Pada akhirnya kembali naik ke 0,6977 dan hari ini menurun kembali.

Penurunan kembali itu karena adanya lonjakan kasus yang terus terjadi di beberapa negara utama global. Pasar saham AS dan yield Treasury kembali dalam penurunan karena kekhawatiran kenaikan kasus itu.

Sementara itu untuk saham Aussie yaitu ASX 200 tampak berhenti bergerak setelah sepanjang beberapa pekan terakhir melonjak tinggi. Hal ii tentunya juga berdampak terhadap AUDUSD hari ini yang juga stagnan tidak menampilkan arah yang jelas. pergerakan selanjutnya mungkin akan terus mengawasi kondisi virus Corona di negara bagian Aussie dan negara lain. Dinamika Dolar AS juga akan menjadi katalis penggerak lain dari pasangan AUDUSD.

Baca Juga:   Kembali Turun, Dolar AS Gagal Memulihkan Diri Lebih Tinggi

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar