AUDUSD Kembali Melonjak Setelah Data China Optimis

Sebelumnya pergerakan pasangan mata uang AUDUSD sempat merosot tajam dari 0,6190 menuju ke 0,6080 saat sesi awal kawasan Asia di hari Selasa (31/3). Namun AUDUSD hari ini mampu bangkit kembali menuju ke level harga 0.6165 setelah data ekonomi utama dari China positif. Dengan bantuan data ekonomi itu, Dolar Australia mampu menutup kerugian akibat penurunan tajam yang mengejutkan sebelumnya.

Rangkaian Data Optimis

Beberapa jam yang lalu, China merilis data mengenai IMP sektor manufaktur dan non manufaktur resmi pada bulan Maret. Kedua data itu dilaporkan dengan hasil diatas prediksi awal dimana IMP manufaktur ke 52,00 dibandingkan sebelumnya di 35,7 dan prediksi awal di 45,00. Sehingga membawa AUDUSD hari ini bergerak positif.

Untuk IMP non manufaktur juga naik menuju ke 52,3 lebih tinggi dari prediksi awal di 37,8 dan data sebelumnya di 29,6. Hasil positif berhasil membantu AUDUSD hari ini untuk bangkit kembali.

Dari dalam negeri Aussie, saat sesi awal Asia, telah dirilis data mengenai Kredit pada sektor Swasta dengan hasil melonjak ke angka 0,4% bulan ke bulan. Hasil itu lebih tinggi dari harapan awal yang berada di 0,2%. Sementara itu data lain seperti penjualan rumah baru HIA New juga mengalami kenaikan tajam ke 6,2% dari harapan awal di -1,9% dan sebelumnya di 5,7%. Tapi data kepercayaan konsumen Aussie turun menuju ke 65,3 dari sebelumnya di 72,2.

Selain dari data ekonomi China yang positif, AUDUSD hari ini naik juga disebabkan oleh komentar dari penasihat bank sentral China atau PBoC. Dengan adanya penetapan target pada PDB, maka akan menyebabkan China menggelontorkan stimulus ekstra besar. Tingkat pertumbuhan PDB China akan cukup kesulitan untuk mencapai angka 4% sampai 5%. Pada pedagang selanjutnya akan fokus ke berita virus Corona global sebagai penggerak utama.

Baca Juga:   Aussie Berada Di Bawah Tekanan Setelah Pergeseran Dovish RBA

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar