AUDUSD Hari Ini Tetap Positif Setelah RBA Tidak Melakukan Perubahan Kebijakan

Hari ini bank sentral Australia melangsungkan pertemuan dalam pembahasan terkait kebijakan moneternya. Dalam pertemuan itu, RBA memutuskan untuk tidak melakukan perubahan kebijakan moneter dan mempertahankan tingkat suku bunganya. Pasca hasil pertemuan itu, Dolar Australia tetap mampu bergerak positif dan membawa AUDUSD hari ini menuju ke level harga 0,6130 saat mendekati pembukaan sesi Eropa.

Optimisme Global

Nada-nada optimisme global juga turut membantu Dolar Australia untuk bergerak positif hari ini. Diantaranya seperti komentar dari Ketua parlemen AS yaitu Nancy Pelosi dan Presiden Trump yang memberikan sinyal akan ada stimulus ekonomi tambahan. Selain itu para pembuat kebijakan global lainnya seperti Jepang dan New Zealand juga memberikan sinyal yang serupa.

Kemarin Presiden Trump juga kembali mengutip mengenai kesepakatan dagang dengan China tahap awal berupa pembelian produk pertanian. Trump juga meminta bantuan kepada China untuk menangani virus Corona yang terus memburuk di Amerika Serikat. Trump sempat memberikan kritikan kepada PM India yang membatasi kegiatan ekspor obat.

Pergerakan positif AUDUSD hari ini didukung dengan kenaikan pada imbal hasil obligasi Treasury AS 10 tahun menuju ke 0,70%. Beberapa saham Asia juga mencatatkan kinerja positif seperti Nikkei Jepang dan Shanghai Composite. 

Sayangnya ASX 200 justru jatuh setelah RBA tidak melakukan perubahan kebijakan moneternya.  Sebelumnya Aussie juga telah merilis data mengenai perdagangan, iklan lowongan kerja ANZ dan indeks kinerja jasa AiG dengan hasil negatif.

Namun semua data itu tidak membuat AUDUSD hari ini bergerak banyak. Mungkin penyebabnya adalah karena para pedagang telah mengantisipasi semua kemungkinan paling buruk data ekonomi pada bulan Februari dan Maret. Selanjutnya para pedagang akan fokus ke data dari AS mengenai lowongan pekerjaan JOLTS sebagai pembuka peluang perdagangan jangka pendek nanti malam.

 

Baca Juga:   Penjualan Eceran AS Anjlok Tajam Akibat Pandemi dan Pembatasan Aktivitas

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar