AUDUSD Hari Ini Tetap Naik Meski Banyak Masalah yang Membebani

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini mencatatkan kenaikan sepanjang pertengahan sesi Asia di hari Senin ini (25/5). Dolar Australia bullish mencatatkan kenaikan ringan 0,11% menuju ke 0,6540. Nada risk on tampaknya bertahan lebih lama pada pasangan ini meski ada nada penghindaran risiko yang cukup mendominasi. Pasalnya hubungan antara dua raksasa ekonomi yaitu AS dan China terus memanas.

Masalah Membebani Risk On

Baru-baru ini setelah NPC-13 China menyebabkan pemerintah AS kembali meningkatkan ketidaksukaan dengan China. Kaena China terus menekan Hong Kong dan akan memberlakukan UU keamanan nasional baru. Melihat hal ini, AS mengancam akan mempertimbangkan kembali hubungan baik kedua negara. Sehingga memicu aksi risk off pada beberapa aset berisiko global.

Warga Hong Kong sendiri juga kembali melangsungkan demonstrasi pertamanya pada 2020 ini. Mereka menolak keras dominasi China dengan membuat narasi anti pemerintahan China. Usaha ini terus mendapatkan dukungan dari AS dimana AS merupakan negara dengan demokrasi paling baik di dunia sampai saat ini.

Sementara itu Global Times China merilis berita yang cukup membuat pasar merasa khawatir. Media mengatakan langkah yang diambil AS telah membuat hubungan AS dan China bisa menuju ke perang dingin yang baru. Tapi walaupun ada banyak sekali masalah global, pasangan AUDUSD hari ini tampak mampu bertahan lebih lama dalam bias optimisme.

Kemungkinan kenaikan AUDUSD hari ini disebabkan oleh nada kenaikan pasa Nikkei Jepang dan ASX 200. Kontrak berjangka S&P 500 juga terpantau mencatatkan kenaikan yang cukup baik. pergerakan selanjutnya akan terus mengawasi bagaimana hubungan antara dua raksasa ekonomi yaitu AS dan China. Berita mengenai pembaruan virus Corona dan obat penawarnya juga akan tetap menaikan peran yang sangat vital untuk kedepannya.

 

Baca Juga:   Saham Asia Naik Karena Trump Mendorong Batas Waktu Tarif

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar