AUDUSD Hari Ini Berkonsolidasi Karena Berita Campuran

Para pedagang di sekitar mata uang Dolar Australia tampak cukup ketakutan dengan fundamental campuran yang terlihat saat ini. Kondisi ini menyebabkan pasangan AUDUSD hari ini hanya bergerak naik dan turun di sekitar level harga 0,6500 saat sesi Asia Rabu (11/3).

Dolar AS tampaknya mulai kehabisan tenaga untuk memperpanjang pembalikan yang dibangun sebelumnya. Pasalnya Presiden Trump gagal untuk memberikan tawaran langkah-langkah yang akan diambil untuk menangani wabah virus Corona khususnya pada bidang ekonomi. Selain itu Dolar AS melemah lebih lanjut setelah adanya keraguan atas klaim dari wakil Presiden AS Mike Pence terkait alat uji virus.

Sementara itu dari Australia, PM Morrison memberikan paket kesehatan dan terus memperpanjang larangan berkunjung ke Italia. Komentar hawkish yang disampaikan oleh RBA Debelle turut membantu Dolar Australia untuk bertahan. Berita campuran dari AS dan Aussie telah menyebabkan AUDUSD hari ini hanya berkonsolidasi sepanjang sesi Asia.

Dari data Aussie, tingkat keyakinan konsumen Westpac dilaporkan mengalami penurunan pada laporan bulan Maret. Data itu lebih rendah dari harapan awal dan saat ini menuju ke level -3,8 persen. Untuk data pinjaman sektor rumah dan pinjaman untuk investasi sektor perumahan dilaporkan dengan hasil positif pada bulan Januari.

Risiko Tetap Terbebani

Kekhawatiran para pedagang terhadap virus Corona akan terus membebani sentimen risiko yang sempat pulih sebelumnya. Saat ini Korea Selatan dan Jepang terus melaporkan pertambahan kasus dengan lonjakan yang besar. Tolak ukur sentimen risiko yaitu yield Treasury AS dalam 19 tahun juga mengalami penurunan kembali bersamaan dengan saham Asia.

Selanjutnya AUDUSD hari ini akan fokus ke rilis data ekonomi AS mengenai inflasi konsumen diwakili data IHK pada bulan Februari. Selain itu ekspektasi pemangkasan suku bunga oleh Fed tampaknya juga akan menggerakkan Dolar AS selain dari berita virus Corona.

 

Baca Juga:   Tarif Melukai Ekonomi, Tetapi China Harus Bertanggung Jawab, Kata Ceo Union Pacific

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar