AUDUSD Gagal Bullish Meskipun Data China Optimis dan Pembaruan Risiko Terkait Virus Corona

Saat sesi Eropa berlangsung, pasangan mata uang AUDUSD hari ini terus berusaha untuk bisa mencetak level pemulihan yang lebih tinggi lagi. Sayangnya usaha itu sangat berat dan tidak memberikan perubahan yang signifikan. Saat ini pasangan masih cukup dekat dengan level paling rendah selama empat bulan terakhir yang dicetak saat sesi awal kawasan Asia hari Jumat (31/1).

Sepanjang hari Jumat ini, mata uang Dolar Australia masih dalam tekanan sepanjang tiga sesi dagang berturut-turut. Kinerja negatif ini menjadi catatan untuk hari kelima setelah merosot akibat kekhawatiran virus Corona. Bahkan rilis data utama dari China tadi pagi juga gagal membawa pasangan AUDUSD hari ini untuk memulihkan diri.

Data China Gagal Mengesankan

Saat sesi Asia, China merilis data mengenai IMP sektor manufaktur resmi dengan hasil penurunan ke level 50,0 pada hitungan bulan Januari. Sementara itu untuk data ekonomi mengenai IMP bukan manufaktur justru mengalami kenaikan ke level 54,1 dari sebelumnya di 53,5. Data yang tinggi ini memberikan pertanda bahwa non manufaktur bergerak dengan moderat.

Sayangnya data yang optimis gagal mendorong AUDUSD untuk memulihkan diri dari penurunan. Pasalnya para pelaku pasar dan investor masih ditakutkan oleh penyebaran wabah virus Corona yang menyerang China. Seperti yang sudah diketahui bahwa China adalah pelanggan utama Aussie dalam hal perdagangan. Sehingga gejolak di China akan berdampak juga ke Dolar Australia.

Dolar AS juga tampak mendapatkan dorongan dari data PDB yang dilaporkan sesuai dengan prediksi. Kenaikan yang terjadi pada imbal hasil obligasi Treasury AS turut membawa AUDUSD hari ini kesulitan memulihkan diri. Reset sentimen risiko baru-baru ini juga gagal menyenangkan para pembeli Dolar Australia dan hanya mampu bertahan di level harga 0,6700 saat sesi Eropa berlangsung.

 

Baca Juga:   Suku Bunga Dasar Kredit Akan Turun, Keuntungan Bagi Dalam Negeri Australia

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar