AUDUSD Bullish Mendapat Dorongan Tambahan Dari Data China yang Optimis

Pada pergerakan tadi malam pasangan mata uang AUDUSD sempat mengalami pemulihan sangat signifikan menuju ke puncak tertinggi dalam 17 bulan. Namun AUDUSD hari ini harus menerima tantangan dan menguji pemulihan apakah akan bertahan lama atau tidak. Apalagi mengingat dalam beberapa waktu terakhir sebenarnya mata uang Dolar AS sedang melemah secara luas terhadap beberapa mata uang utama global lainnya.

Saat sesi awal Eropa hari Jumat ini (31/7) pasangan mata uang AUDUSD bergerak menuju ke nilai tukar 0,7210 atau mewakili kenaikan sebesar 0,25%. Namun untuk aksi kenaikan Dolar Australia yang lebih tinggi lagi tampaknya masih belum terlihat. Walaupun sebenarnya AUDUSD hari ini masih berada di lintasa bullishnya yang keempat bulan tanpa jeda yang signifikan.

Dolar AS Kembali Melemah Tajam

Dolar Australia mampu memanfaatkan kondisi dengan baik disaat mata uang Dolar AS melemah cukup suram. Greenback tertekan setelah banyak yang menaruh kekhawatiran terhadap politik AS beberapa waktu terakhir. Selain itu apa yang disampaikan oleh The Fed pada saat rapat FOMC kemarin tampaknya memang benar-benar terjadi. Karena data PDB AS Q2 mengalami penurunan sangat tajam menuju ke -32,9%. Apalagi jumlah virus Corona di AS juga belum turun.

Masalah politik terjadi ketika Presiden Trump mengajukan penundaan pemilihan umum. usulan itu otomatis kurang menerima tanggapan positif. Karena jadwal pemilihan umum Presiden AS sudah ditetapkan di dalam Konstitusi AS.

AUDUSD hari ini juga menerima dorongan tambahan dari data ekonomi China yang sangar optimis. Menggambarkan bahwa negara rekan utama dagang Aussie itu mulai mampu memulihkan ekonominya kembali. Permintaan aset berisiko juga meningkat terbukti adanya kenaikan pada kontrak berjangka S&P 500 beberapa waktu terakhir. Data ekonomi AS nanti malam mungkin akan menjadi katalis penggerak yang jelas bagi pasangan AUDUSD selanjutnya.

 

Baca Juga:   Menteri Keuangan AS: Ekonomi AS Akan Bangkit Pada Q3 2020

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar