AUDUSD Bertahan Walaupun Data Aussie dan China Positif, Menunggu Acara Utama Pekan Ini

Pergerakan pada pasangan mata uang AUDUSD hari ini terpantau telah mengalami kenaikan ringan menuju ke level harga 0,6530 saat sesi Asia berlangsung di hari Selasa (10/12). Kenaikan permintaan Dolar Australia terjadi setelah China merilis data mengenai tingkat inflasi selama bulan November. Data tersebut dilaporkan dengan hasil positif, sayangnya AUD tidak memberikan banyak respon atas data tersebut.

Data inflasi diwakili dengan data mengenai indeks harga konsumen tahun ke tahun pada bulan November. Data itu disampaikan dengan hasil 4,5 persen lebih tinggi dari prediksi awal di 4,2 persen. Untuk data bulan ke bulan berada di 0,4 persen lebih tinggi dari prediksi awal di level 0,1 persen. Sementara itu data inflasi harga produsen mengalami pemulihan menuju ke -1,4 persen dari harapan awal di -1,5 persen.

Data Australia Positif

Data dalam negeri Aussie juga dilaporkan dengan hasil positif seperti data mengenai harga perumahan tiga bulanan, data bisnis bulanan dari NAB, dan sentimen konsumen sepekan. Gubernur bank sentral Australia yaitu Lowe mengatakan bahwa cukup percaya dengan prediksi bank serta melakukan antisipasi pemulihan pada pengeluaran pelanggan.

Walaupun data dalam negeri dan data China positif, AUDUSD hari ini tidak menampilkan kinerja yang baik sepanjang sesi Asia. Pasangan hanya mampu melonjak ringan dengan sebagian besar telah mengalami penurunan selama dua hari terakhir. Pasar tampaknya lebih memilih menahan diri menunggu acara utama yang akan disampaikan pada pekan ini.

Beberapa acara utama seperti pertemuan kebijakan dari bank sentral AS, bank sentral Eropa, pemilihan di Inggris dan juga putaran baru tarif AS terhadap produk China. Semua acara tersebut akan sangat mempengaruhi sikap pasar keuangan selama pekan ini. AUDUSD hari ini akan terus mencoba mencari sinyal selera risiko dari kabar terbaru mengenai perdagangan.

 

Baca Juga:   Data IMP Lemah Menyeret Mata Uang Euro Jatuh Lebih Dalam Terhadap USD

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar