AUDJPY Terus Merosot Tajam Setelah IMP Jasa Caixin China Mengecewakan dan Penghindaran Risiko

Pergerakan pada pasangan mata uang AUDJPY hari ini terpantau mengalami penurunan yang cukup signifikan saat sesi Asia berlangsung di hari Senin (6/1). Pasangan mundur dari puncak paling tinggi dalam sesi setelah China merilis data yang lebih rendah dari apa yang diharapkan sebelumnya. Data yang mengecewakan membuat Dolar Australia mengalami pelemahan terhadap safe haven Yen.

Saat ini pasangan AUDJPY sedang diperdagangkan di sekitar level harga 74,86 setelah sebelumnya sempat mencetak puncak sesi di level harga 75,20. Penurunan AUDJPY hari ini terjadi setelah China merilis data mengenai indeks manajer pembelian sektor Jasa Caixin selama bulan Desember. Data itu disampaikan dengan hasil di 52,5 dari laporan bulan sebelumnya di level 53,5. Walaupun masih dalam lajur ekspansi, namun sayangnya telah mengalami perlambatan dari bulan sebelumnya.

Penghindaran Risiko Pasar

Pergerakan pasangan AUDJPY hari ini selanjutnya kemungkinan akan mengalami penurunan yang lebih dalam lagi jika melihat kondisi sentimen risiko. Pasalnya sampai saat ini ketegangan geopolitik yang terjadi antara AS dan Iran telah membuat penghindaran risiko yang cukup besar. Sehingga berdampak positif bagi Yen Jepang aset safe haven yang mengalami kenaikan permintaan beli.

Para pelaku pasar dan investor saat ini merasakan kekhawatiran akan terjadinya perang dunia ketiga setelah konflik AS dan Iran pecah. Pimpinan tertinggi Iran yaitu Ayatollah Ali Khamenei menyampaikan janji akan melakukan balas dendam atas kematian Jenderal Militer Iran yaitu Soleimani.

Menanggapi ancaman serangan balasan Iran tersebut, Presiden Trump memberikan peringatan melalui akun Twitternya. Dia mengatakan agar Iran tidak melakukan serangan balasan kepada Amerika Serikat. Jika hal itu tetap dilakukan maka AS akan menargetkan serangan terhadap 52 titik wilayah Iran sebagai respon tindakan Iran.

Baca Juga:   Semakin Dekat, Presiden Trump Mengatakan Kesepakatan Akan Ditandatangani Januari 2020

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar