AS-China Diprediksi Akan Melangsungkan Pertemuan Di Tengah Konflik AS-China yang Masih Panas

Para pejabat senior dari China dan Amerika Serikat diprediksi akan melakukan pertemuan dalam pembahasan peninjauan implementasi kesepakatan dagang tahap pertama. Pertemuan antara dua raksasa ekonomi itu muncul ketika konflik AS-China sedang memanas beberapa waktu terakhir.

Berdasarkan berita dari The Straits Times hari Rabu kemarin, pertemuan peninjauan itu mungkin akan dilangsungkan pada 15 Agustus mendatang lewat pertemuan video online. Mengenai adanya rumor besar tersebut yang pertama kali muncul dari Wall Street Journal, Kantor Perwakilan Dagang AS dan Kantor Keuangan AS tidak memberikan komentar atas rumor tersebut.

Jika sesuai dengan kesepakatan dagang, maka China akan melakukan pembelian senilai $200 Miliar pada produk manufaktur, pertanian, jasa dan juga energi. Tingkat pembelian itu jauh lebih besar dibandingkan pada tahun 2017 lalu. Namun karena masalah ekonomi akibat pandmei, China dinilai gagal mengimplementasikan kesepakatan tersebut.

Bahkan untuk impor produk tani asal AS ke China masih di bawah 50% dari kesepakatan dan lebih rendah dari pembelian di tahun 2017 lalu. Kemudian untuk pembelian hasil energi, China hanya mampu membeli 5% dari total keseluruhan kewajiban pada kesepakatan dagang.

Pertemuan Di Tengah Konflik

Tapi dari sumber anonim yang akrab dengan masalah ini, China sebenarnya ingin membahas masalah selain kesepakatan tahap pertama kemarin. Namun apapun yang kedua negara bahas akan membawa dampak yang signifikan pada ekonomi global. Apalagi kedua negara juga masih dalam konflik AS-China yang memanas dan belum berakhir.

Untuk konflik AS-China terakhir kemarin, AS memblokir aplikasi Tik Tok karena dianggap sebagai mata-mata. Sebenarnya AS mau saja membuka kembali akses aplikasi tersebut untuk kawasan Amerika Serikat. Tapi syaratnya kepemilikan atas Tik Tok harus diberikan kepada orang di luar China terutama juga untuk orang AS.

 

Baca Juga:   Konflik AS dan Korut Kembali Panas, 2020 Menjadi Tahun Sibuk

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar