Ancaman Resesi Ekonomi AS Menurunkan Dukungan Politik Kepada Trump

Jajak pendapat yang dilakukan oleh Washington Post-ABC News menyatakan bahwa dukungan politik untuk Presiden Trump saat ini telah mengalami pelemahan. Kondisi ini menyebabkan usaha Trump untuk memenangkan kembali pemilihan Presiden AS sangat berat. Penyebab utama menurunnya dukungan terhadap Trump adalah keputusan-keputusannya yang memicu perang dagang dan mengganggu kestabilan ekonomi AS.

Perang dagang antara Amerika Serikat dengan China yang terus berkepanjangan telah mengirim perekonomian AS menuju ke kurang resesi yang berbahaya. Berdasarkan hasil polling yang dilakukan Washington Post-ABC News menampilkan dari seluruh total 10 warga negara AS 6 diantaranya menyatakan ekonomi AS akan masuk ke jurang resesi pada tahun depan.

Sementara itu sekitar 43 persen memberikan pendapat bahwa kebijakan sektor perdagangan telah meningkatkan ancaman resesi AS. Pendapat ini bahkan telah mengalahkan pendapat sekitar 16 persen bahwa kebijakan perdagangan dari Trump telah memangkas ancaman resesi ekonomi AS. Sementrara itu untuk 34 persen menyatakan kebijakan pemerintah Trump tidak memberikan dampak apapun.

Washington Post menyampaikan laporan hasil survei tingkat nasional yang berbeda oleh Universitas Michigan dan juga Conference Board menghasilkan tingkat kepercayaan konsumen mengalami penurunan selama bulan Agustus. Penurunan tersebut diperburuk oleh ekspektasi masa depan ekonomi AS yang rendah.

Ancaman Resesi

Kekhawatiran terjadinya resesi telah menghantui semua sendi politik nasional AS. Terlebih lagi data pertumbuhan pekerjaan mengalami perlambatan dan juga kurva pada imbal hasil yang mengalami inversi yang menandakan resesi segera datang.

Respon Trump atas ancaman ini juga tidak memberikan kepastian apapun. Bahkan Trump terus memberikan kritikan agar Fed melakukan pemangkasan suku bunga untuk mendukung perdagangan global. Namun dalam beberapa kesempatan, Presiden Trump memberikan pujian bahwa ekonomi saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Tetapi ancaman resesi telah menurunkan dukungan Trump pada bidang politik.

Baca Juga:   Indeks Dolar AS Melonjak, Cenderung Stagnan Menunggu Keputusan Kebijakan Moneter Fed

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar