1 Dari 5 Perusahaan Mengatakan China Telah Mencuri Ip Mereka Dalam Setahun Terakhir

Ketika Presiden Donald Trump mengatakan pemerintahannya bergerak lebih dekat ke kesepakatan perdagangan dengan China, salah satu poin utama adalah pengabaian China terhadap perlindungan kekayaan intelektual dan klaim sejak bertahun-tahun tentang maraknya pencurian rahasia dagang perusahaan China. Nyatanya, tuduhan itu bukan hiperbola, dan memang benar terjadi.

Pencurian Kekayaan Intelektual AS Oleh China Terbukti

Satu dari lima perusahaan yang berbasis di Amerika Utara di CNBC Global CFO Council mengatakan :

“Perusahaan China telah mencuri kekayaan intelektual mereka dalam setahun terakhir”.

Secara keseluruhan, 7 dari 23 perusahaan yang disurvei mengatakan bahwa perusahaan China telah mencuri dari mereka selama dekade terakhir.

Ketika pemerintahan Trump bekerja berdasarkan kesepakatan perdagangan dengan China dan ratusan miliar dalam tarif potensial menjulang jika kesepakatan tidak dapat dicapai, Trump telah menunda tarif yang dijadwalkan untuk 1 Maret berdasarkan “kemajuan signifikan” sedang dibuat. Namun, masalah pencurian IP telah menjadi masalah besar bagi kesepakatan tersebut. Kemungkinan besar, ini justru akan memperparah kesepakatan antara AS-China.

Dewan CFO Global CNBC mewakili beberapa perusahaan publik dan swasta terbesar di dunia, yang secara kolektif mengelola hampir $5 triliun nilai pasar. Survei dilakukan antara 7 Februari dan 22 Februari di antara 54 anggota dewan yang berlokasi di seluruh dunia, termasuk bagian dari kepala pejabat keuangan yang berbasis di Amerika Utara.

Hardline Trump Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer mengatakan pada hari Rabu dalam kesaksian di Capitol Hill bahwa

“Kesepakatan dengan China tidak hanya harus mencakup lebih banyak pembelian produk-produk AS di AS tetapi juga penegakan hukum”.

Ada laporan baru-baru ini bahwa Lighthizer tidak senang dengan kesediaan Trump untuk membuat kesepakatan dengan China tanpa mengekstraksi persyaratan yang cukup kuat. Pejabat Gedung Putih meremehkan ketegangan yang dilaporkan.

Baca Juga:   Analisa Forex GBPUSD, EURUSD, AUDUSD, USDJPY 06/12/2019

Lighthizer dalam kesaksian kepada Komite House Ways and Means, Rabu, mengatakan :

“Kita bisa bersaing dengan siapa pun di dunia, tetapi kita harus memiliki aturan, aturan yang ditegakkan. Juga aturan yang memastikan hasil pasar dan bukan kapitalisme negara dan pencurian teknologi yang menentukan pemenang”.

“Itu sudah jelas”, Lighthizer bersaksi. “Masih banyak yang harus dilakukan sebelum perjanjian tercapai”.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar